Ini Manfaat Ketika Kamu Bisnis dengan Orientasi Ekspor

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Kegiatan ekspor menyibukkan Pelabuhan Tanjung Priok

GUEMUDA.COM, Jakarta – Pernah ga kepikiran seberapa banyak produk buatan dalam negeri dipakai di luar negeri? Kalau barang impor kan mudah ditemui di sini nih Genks. Mulai dari yang barang fesyen, furnitur, sampai barang-barang perintilan. Apalagi belanja ke luar negeri udah jauh lebih gampang berkat ada e-commerce.

Dalam konteks perdagangan internasional, sebenernya barang-barang impor itu ga boleh lebih banyak jumlahnya dari yang negara ekspor. Sebab ketika nilai impor lebih banyak dari ekspor, berarti negara itu mengalami defisit perdagangan. Dengan kata lain, negara itu lebih banyak belanja daripada menjual.

Sebaliknya, saat ekspor suatu negara lebih banyak itu artinya negara itu mengalami surplus perdagangan. Dengan kata lain uang yang masuk lebih deras ketimbang uang yang keluar untuk keperluan impor. Nah biar kamu tau lebih dalam tentang ekspor, ini manfaatnya kegiatan ekspor untuk suatu negara.

Menambah devisa negara

Perdagangan internasional umumnya memakai dolar Amerika Serikat. Nah ketika kamu berhasil melakukan bisnis berorientasi ekspor, uang yang kamu terima pun berupa dolar juga. Nah negara bakal mencatat itu sebagai devisa negara yang ujungnya menjaga perekonomian negara jadi stabil.

Memperkenalkan produk buatan dalam negeri

Ketika kamu tembus ke pasar internasional lewat kegiatan ekspor, besar kemungkinan bakal lebih banyak orang yang tau produk kamu di negara tujuan ekspor itu. Setelah kualitas dan layanan terbukti, tinggal nunggu waktu produk kamu lebih laris. Secara ga langsung kamu juga ngebantu teman-teman pengusaha lain yang berusaha nembus pasar internasional bahwa produk buatan dalam negeri punya kualitas yang ga keren dari produk luar negeri.

Menahan laju inflasi

Inflasi adalah suatu kondisi ketika harga-harga produk dan jasa naik. Ketika laju inflasi udah mulai terindikasi naik terlalu tinggi, menggenjot ekspor ini salah satu cara yang akan negara pilih untuk mengendalikan inflasi.

Mempererat hubungan antarnegara

Ini manfaat yang mungkin ga terlalu keliatan karena ga bisa dikuantifikasi. Tapi ketika hubungan bisnis antara kedua negara atau lebih sudah berjalan lama dan lancar, hal itu bisa mendorong hubungan antarnegara jadi lebih akrab.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin