Ini yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Meluncur dengan Skateboard

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Barangkali kamu tertarik olahraga ekstrem, skateboard bisa jadi pilihan. Olahraga ini tergolong ekstrem karena risikonya lumayan besar. Tapi ga usah terlalu khawatir karena ada banyak pelindung yang bisa kamu kenakan untuk meminimalisasi risiko, mulai dari helm, pelindung tangan, hingga kaki.

Kebanyakan olahraga ini diminati oleh kalangan anak muda sampai melahirkan banyak komunitas dari olahraga ini. Skateboard sendiri telah dilombakan di berbagai ajang dunia seperti Asian Games 2018 dan Olimpiade 2020.

Jika kamu ingin menjajal serunya skateboard ada beberapa yang mesti kamu pelajari dan siapkan.

Siapkan Papan Skate Yang Cocok

Punya papan skate bukan berarti bikin kamu langsung lebih mahir berseluncur di jalan. Tentu perlu ada penyesuaian dan kenyamanan terhadap kaki yang harus dipertimbangkan. Ketika ukuran kaki kamu lebih lebar dari umumnya, maka kamu harus pilih papan skate yang lebarnya sesuai. Jangan lupa beli pelindung juga, ya.

Belajar Jatuh

Pertama, kamu harus sadar siapa pun yang pernah coba main skateboard pasti pernah jatuh. Berkali-kali jatuh lebih tepatnya. Entah pemula, amatir, hingga pro semua pernah jatuh. Makanya yang harus dipelajari pertama kali adalah jatuh yang benar dulu. Jatuh pun ada tekniknya sendiri, agar ketika nanti kamu jatuh kamu terhindar dari cedera serius.

Keseimbangan dan kekuatan kaki

Tiap orang memiliki keseimbangannya sendiri serta kekuatan kaki. Maka kalian wajib bisa mengendalikan keseimbangan badan serta kekuatan kaki hingga tumpuan kaki pada papan skate akan maksimal. Kesalahan yang banyak dilakukan oleh pemula adalah tidak mengetahui titik keseimbangan atau mana kaki dominan mereka. Latihan sesering mungkin adalah satu-satunya jawaban dari fase ini.

Belajar Meluncur atau Cruising

Sebagai awalan banget, ga usah neko-neko. Coba sesering mungkin meluncur dengan benar dulu. Kombinasi tolakan kaki di jalan, menstabilkan posisi tubuh di atas papan, lalu mengarahkan laju papan adalah tiga gerakan dasar yang wajib kamu kuasai dulu sebelum mencoba hal-hal lain.

Ollie atau Melompat

Melompat merupakan teknik dasar yang mesti dikuasai oleh skater karena dengan teknik tersebut kamu bisa mengembangkan banyak trik dari mulai putaran papan skate, menaiki benda seperti bangku atau rail flatbar. Ketika udah menguasai ollie, kamu tinggal mengembangkan teknik-teknik baru yang membutuhkan kemampuan melompat tadi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin