Investasi di Pasar Modal Semakin Terjangkau, Ibu RT dan Pelajar Ikut Jadi Investor

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Demografi investor pasar modal Indonesia selalu menarik untuk diperhatikan. Terutama jika melihat dari status pekerjaan dan usianya.

Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat, sebanyak 33,64% dari investor individu berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan pelajar. Angka ini bahkan melebihi jumlah investor dari kalangan pengusaha (14,47%) dan pegawai (swasta, negeri, dan guru) yang mencapai 32,68%.

Secara rinci, data per Desember 2021 itu mencatat investor ibu rumah tangga memiliki porsi 5,61%, sementara pelajar 28,03%. Catatan itu naik dari posisi akhir 2020. Saat itu, investor ibu rumah tangga hanya berporsi 4,36%, sementara pelajar sebesar 27,21%.

Nilai asetnya pun tidak main-main. Investor ibu rumah tangga punya nilai aset Rp67,94 triliun, sementara pelajar punya aset Rp17,42 triliun.

Bertumbuhnya investor dari kalangan ibu rumah tangga dan pelajar ini tidak lepas dari berkembangnya digitalisasi. Terutama dengan hadirnya fintech berbasis investasi.

Kehadiran fintech membuat investasi semakin mudah dijangkau dan bisa dilakukan dari mana saja. Bahkan, untuk memulai investasi pun tidak butuh dana besar.

Secara total, jumlah investor di pasar modal Indonesia per Desember 2021 mencapai 7,48 juta. Angka ini naik 92,7% dari sebelumnya 3,88 juta investor per akhir Desember 2020.

Dari sisi usia, ternyata banyak investor masih berusia di bawah 30 tahun. Jumlahnya setara 60,02% dari total investor individu.

Adapun nilai aset investor-investor di bawah 30 tahun ini mencapai Rp45,01 triliun. Angka ini masih kalah jauh dibandingkan investor dari kalangan usia di atas 60 tahun yang mencapai Rp480,99 triliun.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin