Investasi Untung Maksimal dengan Strategi Diversifikasi

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Kalimat jangan simpan telur dalam satu keranjang menjadi prinsip penting dalam strategi berinvestasi. Dari kalimat itu, kita perlu tahu bahwa dalam berinvestasi harus meminimalisir risiko untuk memaksimalkan keuntungan.

Salah satu caranya adalah  dengan diversifikasi. Diversifikasi berarti menempatkan dana pada beberapa instrumen investasi yang berbeda karakteristiknya. Hal ini mengacu pada likuiditas, risiko, dan potensi return.

Misalnya saat kita berinvestasi saham. Kita bisa saja membeli saham dengan likuiditas dan volatilitas tinggi. Tapi jangan simpan seluruh uang kita pada saham tersebut. Pada saat bersamaan, beli juga saham yang punya likuiditas tinggi tapi dengan volatilitas rendah dan secara fundamental berkinerja baik.

Begitu juga saat berinvestasi reksadana. Agar bisa mendapat keuntungan besar, maka reksadana saham jadi pilihan. Tapi reksadana saham ini punya risiko besar yang artinya bisa memberi return negatif dalam waktu tertentu. Maka, simpan juga dana kita di jenis reksadana lain yang punya return lebih stabil dan risiko yang rendah seperti reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap.

Dari contoh itu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam menerapkan strategi diversifikasi.

1.   Pahami profil risiko

Profil risiko tersebut umumnya terbagi menjadi tiga, yakni konservatif, moderat, serta agresif.

2.   Tentukan alokasi dana investasi

Setelah mengetahui profil risiko kita, maka bagilah dana yang kita punya pada jenis investasi sesuai dengan profil risikonya.

3.   Berinvestasi secara berkala

Usahakan berinvestasi secara berkala, misalnya setiap satu bulan sekali.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin