Kartu Debit Harus Berbasis Cip, Buruan Ganti ke Bank

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Bagi sebagian besar masyarakat, pasti sudah tidak asing lagi dengan kartu debit. Kartu ini merupakan hak masyarakat yang bisa didapatkan setelah membuka rekening di bank.

Selama ini masyarakat yang telah memiliki rekening bank kerap menggunakan kartu debit untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari penarikan uang tunai di ATM hingga pembayaran non tunai di beberapa merchant melalui mesin gesek Electronic Data Capture (EDC).

Dari beberapa kebutuhan tersebut, tentu saja uang yang diambil atau digunakan untuk pembayaran merupakan uang yang selama ini kita tabung di bank. Dengan begitu, otomatis setiap penggunaan kartu debit, saldo di rekening kita akan berkurang.

Begitu pula jika saldo di rekening kita sudah kosong. Kartu debit tentu saja tidak bisa digunakan untuk mengambil uang atau melakukan pembayaran.

Nah, dari dua penggunaan kartu debit itu, masyarakat perlu tahu bahwa mulai 1 Desember 2021 mendatang, Bank Indonesia mewajibkan perbankan mengganti kartu debit nasabah ke kartu yang berbasis cip.

Kewajiban itu sesuai dengan National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS) sebagai Standar Nasional Teknologi Chip kartu ATM dan/atau kartu Debit yang akan digunakan oleh seluruh penyelenggara kartu ATM dan/atau kartu Debit di Indonesia.

Bank Indonesia melalui Surat Edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015 telah menetapkan bahwa paling lambat 30 Juni 2017, seluruh kartu ATM dan kartu debit, termasuk yang masih menggunakan teknologi magnetic stripe wajib menggunakan Personal Identity Number (PIN) 6 digit.

Penggunaan NSICCS dan PIN 6 digit wajib diimplementasikan oleh seluruh penyelenggara kartu ATM dan/atau kartu debet, yaitu prinsipal, switching, penerbit, acquirer, Penyelenggara Kliring dan atau Penyelenggara Setelmen.

Lalu, bagaimana cara kita untuk mendapatkan kartu debit berbasis cip?

1.   Datang ke kantor cabang bank tempat rekening kita terdaftar

2.   Siapkan dokumen mulai dari KTP hingga buku tabungan

3.   Ingat, penggantian kartu debit ini juga tidak dikenakan biaya

Sebagai tambahan, kehadiran kartu debit berbasis cip untuk meningkatkan keamanan transaksi kartu debit baik dari sisi nasabah, toko/merchant, maupun Bank sebagai penyedia jasa. Kartu berbasis cip relatif lebih aman dibandingkan transaksi menggunakan kartu berbasis magnetic stripe karena mengurangi resiko pencurian data nasabah dan transaksi skimming.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin