Jenis Lari Atletik yang Perlu Kamu Tau

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Ilustrasi atletik.

GUEMUDA.COM, Jakarta – Sepakat dong sejauh ini olahraga paling praktis secara peralatan yang dibutuhkan adalah lari. Olahraga ini emang cukup simpel tapi kalian mesti tau ada banyak jenis olahraga lari dan tentu dengan ketentuan yang berbeda-beda juga.

Nah GueMuda kali ini pengen berbagi jenis-jenis lari atletik yang diakui itu apa aja.

Lari Sprint

Jarak tempuh lari sprint cuma 100 meter. Dan karena jarak tempuhnya cuma segitu, kecepatan lari adalah satu-satunya yang perlu kamu gas sampai garis finis.

Lari Jarak Pendek

Di jenis ini, panjang trek yang diperlombakan ada beberapa nomor mulai dari 50 meter, 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Biasanya atlet yang ahli di jarak pendek bisa berlomba di beberapa nomor sekaligus. Sprinter kebanggaan Indonsia Lalu Zohri itu salah satu conothnya.

Lari Jarak Menengah

Jenis lari ini cuma beda panjang treknya saja dengan kisaran 800-1.500 meter. Bedanya, karena trek yang ga pendek-pendek banget itu pelari harus lebih bijak untuk ngebut kalo ga mau keabisan napas terlalu cepat.

Lari Jarak Jauh (Maraton)

Ini mungkin jenis lari yang paling menantang karena intensitas stamina yang dibutuhkan jauh lebih gila dari yang lain. Pelari dituntut melaju di trek berjarak 3.000-10.000 meter. Stabilitas dan ketahanan tubuh di kategori ini adalah segalanya agar bisa tiba di garis akhir.

Lari Estafet

Lari ini dilakukan oleh beberapa orang yang tergabung dalam satu regu. Panjang trek yang ditempuh 400-1.600 meter. Selain kecepatan, kategori ini butuh kerja sama tim yang oke supaya tongkat yang dibawa ga meleset tiap berpindah tangan.

Lari Halang Rintang

Dalam nomor atletik ini, ga cuma kecepatan yang dibutuhkan atlet tapi juga keuletan. Di nomor ini pelari akan menghadapi trek yang udah dipasangi gawang dan kolam berisi air. Panjang trek yang harus diselesaikan di lari halang rintang adalah 3.000 meter.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin