Jenis Startup yang Dinilai Sukses Selama Pandemi

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Pandemi Covid-19 merupakan ajang “survival of the fittest” bagi startup. Adaptasi bisnis digital mengalami akselerasi berlipat-lipat dalam keadaan saat ini. MDI Ventures menggunakan momentum ini untuk menyaring entitas bisnis yang cocok untuk mereka investasi.

CEO MDI Ventures Donald Wihardja mengemukakan kriteria tersebut dalam webinar yang MDI selenggarakan pada Selasa (9/6) sore kemarin. Donald menjelaskan setidaknya ada empat jenis startup selama masa pandemi ini: startup yang beruntung karena vertikalnya sangat dibutuhkan; mereka yang pivot menyesuaikan kondisi; mereka yang hibernasi untuk menekan kerugian; dan mereka yang tidak beruntung, lalu gagal, dan mati.

“Kami sangat melirik startup-startup yang nomor satu, dua, dan tiga tadi,” ucap Donald dalam webinar tersebut.

Bentuk sinergi itu adalah roadmap dari Telkom yang beberapa di antaranya berisi proyek smart cityhealthtech, dan yang proyek yang berkaitan erat dengan UMKM. “Kita tentu mencari gain, tapi kita juga mencari sinergi dengan Telkom Group dan BUMN pada umumnya,” imbuh pria yang belum lama ditunjuk sebagai CEO MDI Ventures itu. Beberapa sektor digital yang menarik menurut Donald adalah food delivery, konten digital, logistik, dan payment gateway.

Food Delivery

Keharusan masyarakat untuk tetap di rumah selama pandemi menjadi kesamaan di antara semua vertikal tersebut. Layanan-layanan vertikal itu melayani kebutuhan masyarakat yang enggan keluar rumah dan juga menemani besarnya waktu yang harus mereka habiskan di rumah.

Logistik

Sementara itu sektor logistik menurut Donald segera mendapat dampak yang cukup bagus setelah pandemi berangsur usai. Ia bahkan mencatat ada salah satu pemain yang mengalami pertumbuhan bisnis 2-3 kali lipat hanya dalam satu bulan.

Konten Digital

Sebagaimana orang-orang berupaya menahan diri untuk tidak keluar rumah selama masa pandemi, hiburan di rumah jadi kebutuhan yang sangat penting bagi banyak orang. Itu sebabnya begitu banyak platform streaming dan sejenisnya mengalami kenaikan jumlah pengguna yang cukup signifikan selama pandemi. Netflix, Vidio, dan Disney+ merupakan tiga platform dengan kenaikan jumlah pengguna yang signifikan.

Payment Gateway

Platform payment gateway juga menikmati keuntungan besar sepanjang pandemi ini. Pasalnya seiring pergeseran perilaku masyarakat selama COVID-19 menyeruak, banyak orang lebih memilih transaksi non-tunai. Belanja berbagai kebutuhan tersedia di banyak platform digital, keberadaan payment gateway pun makin banyak dicari.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin