Kebingungan Saat Bikin Bisnis? Ada yang Namanya Inkubator Bisnis Loh

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Ilustrasi inkubator bisnis.

GUEMUDA.COM, Jakarta – Membangun sebuah bisnis ga pernah mudah. Selain banyak yang dipersiapkan, kita juga dituntut untuk belajar banyak hal dari A-Z agar semua kebutuhan bisnis kamu tercukupi sebelum diluncurkan ke publik.

Buat kamu yang baru bikin bisnis untuk pertama kali, semua rangkaian itu pasti berat. Nah inkubator bisnis muncul untuk alasan itu. Inkubator bisnis bisa dibilang adalah program yang isinya memberikan pelatihan, mentoring, pengembangan, fasilitas, sampai bantuan modal dari suatu lembaga ke bisnis baru. Dengan kata lain, inkubator ini bakal ngebantu kamu menyiapkan bisnis kamu dari ujung ke ujung sampai siap dilempar ke publik.

Beberapa keuntungan ikut di inkubator bisnis:

1. Dapat ruang kerja

Ga ada bisnis yang ga butuh ruang kerja. Buat usaha rintisan, hal ini krusial banget. Apalagi biaya sewa kantor ga murah. Inkubator bisnis biasanya meminjamkan ruang kerja bersama atau co-working space agar para pesertanya ga susah-susah mikirin kantor dan harga sewanya.

2. Punya akses ke pelatihan dan mentoring

Bakal ada banyak pertanyaan yang muncul di kepala seorang pebisnis yang baru mulai usahanya karena pengalaman mereka yang masih minim. Manfaat paling OK dari program inkubasi ini ada di pelatihan dan mentoringnya. Suatu program inkubasi biasanya datengin pakar dan orang-orang yang udah pengalaman di bidang-bidang terkait untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya. Mungkin ini bagian paling mahal dari program inkubator bisnis.

3. Ada yang jagain pengembangan bisnis kamu

Ikut program inkubator bisnis itu berarti kamu bakal dapet “menu” yang harus diikuti dengan taat dan ada orang-orang yang ngawasin hasil pekerjaan kamu. Ini bagus banget karena ada yang ngingetin kamu mana yang baik dan yang buruk selama lagi ngembangin bisnis kamu di program itu.

4. Dapat koneksi ke investor

Ini ga kalah penting, Genks. Setiap program inkubasi biasanya punya fokus bidang yang mereka bina. Oleh sebab itu koneksi investor yang dibawa oleh inkubator bisnis pun bakal berbeda-beda. Beruntunglah kamu, bibit bisnis yang kamu bawa bisa langsung dipamerkan ke investor-investor yang ada di sana.

Ga jarang orang suka ketuker antara inkubator dan akselerator bisnis. Kalau inkubator itu fokus ke fase perintisan sebuah bisnis, maka akselerator bertujuan fokus ke bisnis yang udah punya produk dengan harapan bisa dapat cuan lebih cepat.

Jadi, kamu udah tau kan ada opsi inkubator bisnis yang bisa kamu ikutin ketika lagi bikin sebuah bisnis. Jadi tunggu apa lagi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin