Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD Bagi Pelaku Usaha

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Sistem penjualan dengan fitur cash on delivery (COD) sedang menjadi tren di kalangan pelaku usaha. Sistem ini dianggap bisa meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar.

Namun beberapa waktu terakhir, sistem COD justru menuai beragam komentar negatif. Pasalnya, sering kali penjual tidak mengirimkan barang yang sesuai dengan pesanan pembeli.

Akhirnya ada saja kurir yang menjadi sasaran kekecewaan pembeli. Sehingga hal ini juga tentu saja akan merugikan bagi penjual itu sendiri.

Sebenarnya apa sih sistem COD itu? Bagaimana pula cara kerjanya?

Sistem ini bisa kita temui dalam bisnis secara daring. Dalam hal ini terkait dengan pembayaran produk yang dipesan pembeli.

Artinya, pembeli baru akan melakukan pembayaran jika pesanan itu sudah diterima dan sesuai dengan apa yang mereka pesan.

Awal mula sistem ini muncul dengan interaksi antara penjual dan pembeli. Namun belakangan, banyak penjual menggunakan jasa kurir untuk melaksanakan sistem COD ini.

Dari cara kerja itu, sebenarnya pelaku usaha juga bisa mendapat beberapa keuntungan dari sistem COD. Apa saja?

Memperluas pasar tapi area terbatas

Dalam hal ini, sistem COD sering digunakan oleh para pelanggan yang tidak memahami transaksi online. Misalnya transfer atau pun uang elektronik lainnya.

Sehingga tentu saja sistem ini mengandalkan transaksi secara tunai.

Meski pasar menjadi luas dalam hal karakter pelanggan, sistem COD juga memiliki keterbatasan. Biasanya, pelaku usaha yang menjalankan sistem ini hanya melayani pesanan di wilayah area produksinya.

Meningkatkan/menurunkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan

Pelaku usaha yang menerapkan sistem COD juga akan membuat para pelanggan semakin percaya dengan apa yang dijualnya. Oleh karena itu jangan sampai kita sebagai pelaku usaha salah mengirimkan barang/produk yang dipesan pembeli.

Semakin sesuai pesanan, semakin tinggi pula tingkat kepercayaan. Sebaliknya, jika sekali saja salah mengirimkan pesanan bisa jadi lebih cepat juga tingkat kepercayaan pelanggan menurun.

Lebih cepat terima uang, bisa ada biaya tambahan

Bagi penjual yang tidak menggunakan jasa kurir, sistem COD ini memudahkan untuk langsung dapat uang pembayaran tanpa ada potongan biaya transfer dan lain sebagainya. Bahkan, keuntungan yang didapat pun bisa lebih besar karena pada umumnya tidak ada diskon atau promo dalam sistem ini.

Sebaliknya jika menggunakan kurir, tentu saja penjual akan memiliki biaya tambahan. Biaya ini akan semakin besar sesuai jarak alamat pembeli.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin