Kenapa Harus Ada Biaya Transfer Bank?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Persoalan biaya transfer antar bank kerap dikeluhkan sebagian masyarakat. Hal ini pun terus menjadi perhatian dari para regulator, khususnya Bank Indonesia sebagai lembaga yang mengatur sistem pembayaran.

Alhasil, Bank Indonesia pun akan menurunkan biaya transfer antar bank dari Rp6.500 menjadi Rp2.500 mulai Desember tahun ini.

Penurunan biaya transfer antar bank ini merupakan realisasi BI-FAST yang dilakukan Bank Indonesia (BI) pada Desember 2021, sebagai salah satu cara untuk mendukung konsolidasi industri dan integrasi ekonomi dan keuangan digital (EKD) nasional secara end to end.

Terlepas dari itu, biaya transfer antar bank memang sudah diatur lama oleh Bank Indonesia. Salah satunya melalui Peraturan Bank Indonesia atau PBI Nomor 14/23/PBI/2021 tentang Transfer Dana.

Dalam aturan tersebut dinyatakan bahwa setiap penyelenggara penerima (transfer) berhak mengenakan biaya transfer dana selama memperhatikan aspek kewajaran.

Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia tersebutlah kemudian ada biaya yang dikenakan untuk transaksi antar bank, terutama untuk bank BUMN ke bank non-BUMN. Sedangkan untuk sesama bank BUMN tidak dikenakan biaya alias gratis.

Secara sederhana transfer adalah suatu kegiatan jasa bank untuk memindahkan sejumlah dana tertentu sesuai dengan perintah si pemberi amanat yang ditujukan untuk keuntungan seseorang yang ditunjuk sebagai penerima transfer.

Berkat kemajuan teknologi informasi, kita semakin mudah melakukan transfer dengan bank yang sama maupun antar bank, antrian di teller juga gak seramai dulu. Kalau transfer ke rekening bank yang sama prosesnya lebih cepat dan bebas biaya, sebaliknya, kalau transfer antar bank berbeda prosesnya membutuhkan waktu dan akan dikenakan biaya.

Di Indonesia terdapat beberapa mekanisme transfer dana antar bank, yaitu Real Time Gross Settlement (RTGS), Sistem Kliring Nasional Indonesia (SKNI) atau Lalu Lintas Giro (LLG), dan Real Time Online (RTO). Nah, kali ini kita mau berbagi info tentang berbagai mekanisme transfer antar bank tersebut.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin