Keunggulan dan Kekurangan Investasi Emas

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Popularitas emas sebagai benda berharga ga pernah ada matinya. Dari jaman baheula sampai sekarang, minat terhadap emas selalu tinggi. Terbaru, PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) merilis emas batangan terbaru untuk merayakan Idulfitri tahun ini.

Antam ngerilis emas barangan terbaru ini pada Senin, 4 April 2022 alias di hari kedua puasa tahun ini. Emas itu punya berat 7 gram dengan banderol harga Rp 7.625.000 per batang. Di emas batangan ini terukir gambar khas semarak bulan Ramadan.

Terlepas dari itu, emas bagaimanapun adalah salah satu instrumen investasi paling populer dan dikenali masyarakat luas. Harga emas mengalami kenaikan dan penurunan harga setiap hari mengikuti harga emas dunia.

Cuma perlu diinget nih Genks, faktor yang bikin harga emas Antam naik turun ga cuma harga emas dunia. Ada juga faktor permintaan dan penawaran yang turut berpengaruh. Nah buat kamu yang tertarik investasi di emas, ini ada beberapa pertimbangan kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan:

Terhindar dari inflasi

Salah satu yang paling menonjol dari investasi emas adalah terlindungi dari inflasi. Emas akan lebih stabil ketimbang uang tunai ketika terjadi inflasi. Itu sebabnya emas adalah sarana lindung nilai (hedging) kekayaan yang terpercaya.

Alat tukar

Karena penerimaan emas udah super populer di dunia, emas bisa jadi alat tukar saat terjadinya krisis. Apalagi ditambah fakta emas tidak terpengaruh banyak oleh inflasi.

Fleksibel

Yang enak dari investasi emas adalah kamu bisa memperjualbelikannya kapan aja. Selain itu ga ada keharusan untuk beli emas dalam jumlah besar. Sekarang beli dari 0,1 gram pun bisa.

Diversifikasi investasi

Jangan pernah nyimpen semua telur yang kamu punya di dalam satu keranjang yang sama. Ini pesan yang akan selalu relate untuk investasi. Nah emas sebagai diversifikasi investasi bakal cocok banget karena seringkali pergerakan nilainya berbeda dengan nilai saham dan mata uang.

Kekurangan:

Naiknya lambat

Kalau kamu termasuk tipe yang berharap dapat untung cepat dari investasi emas, mending jangan. Keunggulan emas itu nilainya yang stabil jadi jangan harap harganya bisa melonjak tinggi macem saham atau kripto.

Ga produktif

Pakar investor Warren Buffett bilang yang paling enggak dari investasi emas adalah sifatnya yang ga produktif. Dibanding emas yang ga bisa buat apa-apa, Buffett lebih suka investasi macam properti, tanah, atau saham yang bisa menghasilkan untung lagi.

Biaya tambahan

Suka ga suka, emas adalah benda berharga sehingga enggak bisa sembarang menyimpannya. Makanya ada jasa penitipan emas. Jasa ini tentu ada biayanya. Selain itu, ada juga biaya administrasi saat pembelian emas.

Risiko hilang

Ga beda jauh dari poin sebelumnya, emas akan selalu jadi aset yang mengundang kejahatan datang. Makanya sebisa mungkin jangan terlalu berlebihan memakai atau cerita tentang kepemilikan emas kamu ya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin