Kiat Mempertahankan Bisnis Terdampak Bencana

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Bencana memang tidak bisa diprediksi. Setiap hari, setiap minggu, setiap waktu bisa saja terjadi.

Seperti bencana banjir, gempa bumi, gunung meletus, hingga pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum juga usai.

Adanya berbagai bencana yang mengancam tentu saja memerlukan mitigasi risiko, terutama bagi kita sebagai pelaku usaha. Tanpa mitigasi risiko, usaha kita yang terdampak bencana akan mudah gulung tikar.

Oleh karena itu, jika usaha kita berada di kawasan bencana, maka perlu menerapkan beberapa strategi untuk mengantisipasinya.

Kendalikan pos pengeluaran

Dalam hal ini, mulai lah selektif dalam melakukan pengeluaran. Pangkas pos pengeluaran yang tidak prioritas.

Pada umumnya, biaya promosi jadi salah satu pos pengeluaran yang cukup sering dipangkas pelaku usaha. Hal ini juga bisa kita lakukan agar tetap menjaga arus kas dengan baik.

Pikirkan model bisnis baru

Cara ini menjadi strategi jangka pendek untuk tetap mendapat pemasukan jika usaha kita terdampak bencana. Misalnya yang pada mulanya mengandalkan penjualan offline, mulai lah dengan membuka penjualan secara online.

Skenario jangka panjang

Dengan menyiapkan skenario yang berbeda-beda sebagai rencana cadangan di masa-masa krisis seperti ini. Perkirakan skenario bisnis usaha dari segala aspek, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang karena akan membuat perusahaan lebih siap jika mengalami masa-masa krisis lainnya di masa yang akan datang.

Siapkan aspek legal

Aspek legal merupakan salah satu elemen penting bagi manajemen sebelum melakukan aksi masif seperti pengurangan beban operasional atau pembatalan kemitraan. Penerapan prinsip hukum force majeure menjadi pilihan untuk membatalkan atau merubah ketentuan hubungan dengan pihak-pihak baik di luar maupun di dalam perusahaan termasuk dengan karyawan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin