Manfaat Program Magang Bagi Pelaku Usaha

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Baru-baru ini warganet heboh membahas program magang di salah satu perusahaan startup. Perusahaan tersebut memberikan upah kepada pegawai magang sebesar Rp100.000 tapi menerapkan denda besar jika pegawai magang tersebut keluar sebelum programnya selesai.

Hal tersebut tentu saja membuat geram warganet yang menilai kebijakan dari perusahaan tersebut tidak adil. Untung saja perusahaan tersebut menyadari kesalahannya dan akan mengkaji ulang kebijakan program magang.

Terlepas dari itu program magang jadi salah satu strategi sebagian pelaku usaha untuk mendapatkan pegawai tanpa biaya besar. Tapi sebagian lainnya menilai program magang merupakan investasi besar untuk mendapatkan pegawai masa depan.

Mengutip JobStreet.com, ternyata ada empat alasan mengapa sebuah program magang yang terencana dan terstruktur dengan baik akan menjadi sebuah investasi yang baik bagi perusahaan.

Talenta potensial

Kita sudah sering mendengar bahwa talenta yang baik sulit dicari dan dipertahankan. Program magang yang baik merupakan metode yang tepat bagi perusahaan untuk mencari dan mengembangkan talent yang seiring dengan berjalannya waktu akan membuktikan keuntungannya untuk perusahaan tersebut.

Mempercepat perekrutan pegawai

Hampir setiap manajer atau bagian perekrutan perusahaan merasa frustrasi karena harus melalui proses yang lama untuk perekrutan dan pelatihan seorang karyawan, yang kemudian menyerahkan pengunduran dirinya 6 bulan kemudian. Dalam hal inilah waktu dan usaha yang dilakukan untuk melaksanakan program kerja magang yang baik akan benar-benar terasa sepadan.

Perspektif segar

Seorang karyawan magang tidak seharusnya dan tidak pernah diperuntukkan untuk menjadi pengganti karyawan full time. Sebaliknya, karyawan magang dimaksudkan untuk menjadi sebuah nafas segar bagi sebuah perusahaan; dengan kurangnya pengalaman praktis dan pola pikir yang tumpul, karyawan magang seharusnya mendorong perusahaan untuk mengadopsi pola pikir dan pendekatan yang berbeda dalam menyikapi suatu masalah.

Brand ambassador

Untuk seorang pelajar, kerja magang memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang berharga dan pada saat yang bersamaan membangun hubungan dan networking. Sedangkan untuk sebuah perusahaan, karyawan magang bukan hanya kandidat potensial, tetapi juga suatu sarana untuk mendapatkan brand ambassador untuk perusahaan itu sendiri.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin