Memanfaatkan Platform Digital untuk Strategi Branding

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Perkembangan teknologi informasi harus benar-benar dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Selain untuk memperluas pasar, teknologi khususnya platform media sosial atau pun e-commerce menjadi tempat  untuk membentuk citra bagi para pelanggan.

Dalam hal ini, UMKM dapat menerapkan strategi branding produknya tanpa mengeluarkan biaya besar. Dengan begitu, pelanggan dapat dengan mudah datang untuk membeli produk yang ditawarkan.

Lalu, apa-apa saja yang perlu diperlihatkan UMKM untuk membentuk branding yang baik bagi para pelanggannya?

Seperti disampaikan Jobstreet.com, setidaknya ada empat hal cara membangun branding yang baik bagi UMKM atau pun usaha yang baru kita rintis. Di antaranya:

  • Employee Value Proposition (EVP)

Di sini, kita sebagai pelaku usaha bisa menjabarkan apa yang membuat usaha kita berbeda (spesial). Muali dari budaya kerja, nilai dan daya tarik usaha.

  • Proaktif terhadap ulasan

Memanfaatkan platform digital dalam menjual produk jangan hanya sebatas menerima pesanan saja. Saat transaksi selesai, usahakan merespon berbagai tanggapan yang disampaikan pembeli.

  • Manfaatkan media sosial

Media sosial menjadi penting untuk menyampaikan berbagai proses penjualan, pengiriman produk, hingga penawaran produk. Selain itu, unggah juga berbagai kegiatan di luar penjualan seperti kegiatan sosial, atau pun acara-acara lain baik sifatnya internal maupun eksternal.

  • Promosikan budaya kerja dalam deskripsi pekerjaan

Budaya kerja juga bisa kita paparkan dalam deskripsi pekerjaan. Selain menarik minat pencari kerja, budaya kerja yang baik juga mengundang para pelanggan untuk yakin membeli produk yang kita jual.

Itulah beberapa cara yang bisa UMKM terapkan dalam membangun citra melalui platform digital. Di luar itu, UMKM juga dituntut untuk terus berinovasi dengan mengindentifikasi berbagai kebutuhan pelanggan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin