Memilih Saham Berdasarkan Kinerja Keuangan Perusahaan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Jangan membeli kucing dalam karung. Pepatah ini sangat cocok bagi kita yang memilih saham sebagai investasi. Artinya, dalam membeli saham, kita harus tahu betul bagaimana kinerja keuangan perusahaannya.

Cara ini bisa dikatakan sebagai analisisi fundamental paling sederhana untuk memilih saham dengan berorientasi keuntungan jangka panjang. Melihat kinerja keuangan perusahaan menjadi bekal utama yang bisa kita yakini bakal memberi keuntungan dari saham yang dibeli.

Kinerja perusahaan yang baik bisa kita lihat dari mulai laporan laba dan ruginya. Di sini, beberapa poinnya adalah pendapatan, beban pokok pendapatan, dan laba/rugi. Biasanya, semakin baik kinerja keuangan perusahaan, maka semakin baik juga prospek harga sahamnya. Sebaliknya, jika kinerja keuangan perusahaan buruk, maka prospek sahamnya bisa dikatakan negatif.

Lalu, dari mana kita bisa mencari kinerja perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia?

1.   Website www.idx.co.id

Di website resmi Bursa Efek Indonesia, seluruh perusahaan yang sahamnya tercatat akan mendokumentasikan kinerja keuangannya mulai dari kuartalan hingga tahunan.

2.   Website perusahaan

Selain dari website Bursa Efek Indonesia, sebagian besar perusahaan tercatat juga kerap mendokumentasikan kinerja keuangannya di website-nya masing-masing. Bahkan biasanya lebih lengkap dengan materi presentasinya.

3.   Media massa

Biasanya media juga menulis kinerja keuangan beberapa perusahaan tercatat. Selain itu, ada juga kewajiban perusahaan tercatat untuk mendokumentasikan kinerja keuangannya dengan mengiklan di media massa.

4.   Perusahaan sekuritas (analis saham)

Sejak memulai investasi saham, jangan lupa juga meminta bimbingan dari perusahaan sekuritas yang kita tunjuk. Dari sini, mintalah untuk berlangganan analisis kinerja keuangan perusahaan tercatat.

Cukup mudah bukan? Tapi yang perlu diingat, jika kita belum bisa menganalisis secara mendalam kinerja keuangan perusahaan, maka carilah pendamping yang sudah lebih paham. Dari situ kita bisa belajar bagaimana memilih saham agar tidak terjebak pada kerugian di masa mendatang.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin