Memulai Bisnis dengan Pengembangan Artificial Intelligence

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) ternyata menjadi salah satu kunci penting dalam memulai usaha. Apalagi dalam menghadapi tuntutan perkembangan teknologi yang semakin maju.

Mengutip Infokomputer, AI adalah sistem komputer (mesin) yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Dalam hal ini, AI mampu melakukan pembelajaran (perolehan informasi dan aturan untuk menggunakan informasi), penalaran (menggunakan aturan untuk mencapai kesimpulan), dan mengoreksi diri secara mandiri.

Sementara Stanford Computer Science mendefinisikan AI sebagai ilmu dan rekayasa pembuatan mesin cerdas, melibatkan mekanisme untuk menjalankan suatu tugas menggunakan komputer.

Adapun perusahaan teknologi Nodeflux menilai AI sangat membantu dalam mengumpulkan data secara transparan, sehingga membantu pengguna dalam mengambil keputusan. Terutama bisnis yang orientasinya direct to customer.

Dalam hal ini, AI meningkatkan customer experience hingga personalized service yang menyenangkan. Contoh lain dalam segi operasional bisnis, adaptasi teknologi AI terbukti meningkatkan efisiensi.

Nah, bagi yang baru memulai usaha dengan pengembangan AI, Nodeflux punya beberapa kiat untuk diterapkan. Pertama, ketahui stakeholder dalam bisnis ini.

Kedua, tentukan core positioning dan  business model seperti apa. Ketiga, pahami ekosistem bisnis supaya pada implementasinya bisa memahami proses delivery bisnis akan  seperti apa.

Terakhir dan tak kalah penting, pahami hal-hal yang berkaitan dengan regulasi yang ada, termasuk juga tidak tertutup kemungkinan potensi bekerjasama dengan pemerintah.

Asal tahu saja, AI bukan seakan-akan teknologi yang akan menggantikan manusia, melainkan bagaimana  AI sangat membantu  manusia, misalnya dalam decision making dan efisiensi proses.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin