Memulai Bisnis Tanpa Modal, Apa Bisa?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Memulai sebuah bisnis atau usaha tidak selamanya membutuhkan modal (uang). Di era digital ini, kita punya peluang menjadi pelaku usaha tanpa merogoh kocek alias tanpa modal.

Dalam hal ini, kehadiran media sosial jadi salah satu kuncinya. Memang perlu juga gadget, tapi manfaatkan yang sudah kita miliki.

Mengutip cimbniaga.com, berkembangnya teknologi yang dibarengi dengan penetrasi internet dan kepemilikan gadget yang tinggi membuat berbagai macam kegiatan bisa dijalankan dengan sistem online. Hanya dengan menggunakan gadget dan koneksi internet, kita bisa menjalankan banyak aktivitas dari rumah, misalnya berbelanja online, bekerja, juga berbisnis online.

Dengan kata lain, kunci untuk memulai bisnis tanpa modal adalah dengan memanfaatkan sumber daya yang ada saat ini.

Lalu apa saja sih ide bisnis tanpa modal yang bisa kita jalankan?

Reseller

Ide pertama ini sangat berkaitan dengan dunia online. Kita bisa menjual barang atau produk melalui media sosial dari supplier.

Pada posisi ini, kita bisa mendapat pendapatan dari bagi hasil dengan supplier yang mengirimkan barang atau produk yang kita jual. Namun untuk menjalankan usaha ini, kita harus bisa mengelola dengan baik dan menjaga rasa percaya dari supplier dan customer.

Graphic Designer

Untuk yang satu ini memang perlu kemampuan khusus. Maka ide bisnis ini hanya cocok bagi orang-orang yang memiliki kemampuan dalam membuat graphic design.

Menjalankan ide ini juga harus tekun dan rajin menunjukkan kemampuan kita melalui media sosial. Jangan ragu juga untuk menawarkan jasa kita mulai dari yang terdekat, seperti teman, saudara, tetangga atau rekan kerja.

Influencer

Di sini ada berbagai pilihan yang bisa kita lakukan. Mulai dari blogger, youtuber, selebgram maupun media sosial lainnya.

Tentu saja, kita membutuhkan pengikut (follower) yang banyak. Maka kreativitas menjadi kunci dalam menjalankan bisnis atau usaha ini.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin