Mencari Saham Bagus Tapi Harganya Murah, Ini Lho Caranya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Untuk menjadi investor saham yang sukses, ada strategi yang bisa kita lakukan agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Strategi ini dinamakan growth at a reasonable price (GARP).

Strategi macam apa sih GARP itu?

Pada intinya, GARP berarti pertumbuhan dengan harga wajar. Dalam hal ini, kita memilih saham yang perusahaannya konsisten mencetak pertumbuhan laba (growth investing).

Tidak sampai di situ saja. Dari kinerja keuangannya itu, kita lihat juga harga sahamnya.

Untuk menggunakan strategi GARP, harga saham yang kita lihat adalah harga saham yang sedang terdiskon (value investing).

Dengan begitu, strategi GARP ini menggabungkan dua strategi yakni growth investing dan value investing.

Chairman Department of Finance Prasetya Mulya Business School Lukas Setia Atmaja dalam kolom Kontan menjelaskan, growth investing biasanya mencari saham dengan menggunakan kriteria pertumbuhan earnings per share (EPS) atau pertumbuhan penjualan.

Menurut Lukas, pertumbuhan EPS sebesar minimal 10% per tahun selama 5 tahun terakhir bisa dijadikan kriteria memilih growth stock.

Sementara value investing lebih mengutamakan price earning ratio (PER). Ini adalah rasio yang digunakan untuk menilai mahal murahnya saham berdasarkan kemampuan perusahaan menghasilkan laba bersih. Laba bersih dalam hal ini adalah laba bersih per saham.

Dengan penggabungan dua karakteristik itu, maka strategi GARP menggunakan indikator price earning growth ratio (PEG).

Lukas menambahkan, formula untuk menghitung PEG Ratio adalah PER dibagi dengan angka persentase ekspektasi pertumbuhan EPS per tahun. Dalam hal ini, pertumbuhan EPS saham itu harus lebih tinggi daripada PER-nya.

Nah, untuk mengetahui data tentang PER dan EPS bisa diperoleh dari berbagai sumber seperti www.reuters.com atau www.idx.co.id.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin