Mengenal Asal-usul Cappadocia yang Jadi Perdebatan di Layangan Putus

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Ada satu tempat yang memorable banget di serial Layangan Putus yang lagi hits sekarang. Namanya Cappadocia, tepatnya di Central Anatolia. Tempat itu merupakan tempat wisata super terkenal di Turki.

Cappadocia identik dengan wisata balon udaranya yang menghiasi langit Turki. Namun kerennya Cappadocia ga hanya itu aja, bentang alam dan sejarah tempat itu turut bikin tempat itu spesial sehingga banyak menyerap wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Ada beberapa hal unik yang mesti kamu ketahui tentang Cappadocia seperti yang kami rangkum di bawah ini.

Asal usul nama

Cappadocia berasal dari kata Persia yaitu Katpatuka yang artinya Negeri Kuda Yang Indah. Dinamakan tersebut karena pada zaman dahulu kuda menjadi hadiah untuk raja-raja pada saat itu.

Sehingga pada zaman sekarang masyarakat di sana masih menghargai kuda sebagai alat transportasi dan terkadang menawarkan sebagai alternatif kepada wisatawan.

Lanskap bebatuan

Pemandangannya yang didominasi oleh batuan itu hasil dari proses alam sekitar 60 juta tahun yang lalu akibat letusan gunung sehingga membentuk landscape topi berbentuk jamur di atas setiap pilar. Hasil dari proses jutaan tahun ini adalah peri cerobong asap yang ikonik di Cappadocia.

Penduduk asli masih menetap di sana

Tempat ini sudah diduduki sejak Era Paleolitikum atau sekitar 2000-2500 SM. Lalu sekitar 2000 SM, budaya Hatti menyebut wilayah ini sebagai rumah dan diikuti oleh orang Het.

Cappadocia menjadi tempat bernaung penganut agama Kristen dan orang-orang yang mencari tempat aman dari penganiayaan berdasarkan agama. Maka ga heran mereka yang tinggal di sana masih memegang teguh tradisi para leluhurnya.

Situs Warisan Dunia UNESCO

Lanskap Cappadocia yang unik dan luar biasa menjadikannya salah satu situs warisan dunia UNESCO. Pengakuan sebagai situs warisan dunia itu termasuk Goreme Open Air Museum, situs batu Cappadocia, dan Aktepe. Predikat tersebut diberikan oleh UNESCO pada 1985.

Semua situs yang disebutkan adalah tempat dengan nilai universal yang luar biasa karena memberikan bukti keindahan seni Bizantium dan merupakan rumah bagi sisa-sisa habitat manusia purba yang berasal dari abad ke-4.

Begitulah beberapa fakta menarik tentang Cappadocia. Semoga rasa penasaran kamu terhadap tempat ini sedikit terbayar setelah menonton perdebatan Aris dan Kinan yang greget di Layangan Putus.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin