Mengenal Metode Penjualan Hard Selling dan Soft Selling

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Menjual suatu produk bisa kita lakukan dengan dua strategi. Adalah hard selling dan soft selling.

Kedua strategi itu punya tujuan sama, tapi dengan pendekatan yang berbeda. Dalam hal ini, menjaga hubungan dengan konsumen jadi salah satu faktor utama.

Sebelum melihat perbedaan lebih jauh mengenai hard selling dan soft selling, mari kita simak pengertiannya.

Mengutip accurate.id, hard selling berarti strategi penjualan secara langsung. Metode ini dianggap cara agresif karena pendekatannya tanpa basa-basi kepada konsumen.

Sementara soft selling artinya penjualan secara halus. Melalui metode ini, konsumen akan merasa nyaman dan tertarik atas produk yang kita jual.

Dari pengertian tersebut, sudah tampak jelas bagaimana perbedaan dua pendekatan dari hard selling dan soft selling. Namun masih ada perbedaan lainnya yang perlu kita ketahui.

Salah satunya dari sisi jangka waktu penjualan. Hard selling lebih mengutamakan ‘beli sekarang’, untuk nanti ya bagaimana nanti.

Berbeda, soft selling mengutamakan jangka waktu yang lebih panjang. Dengan cara-cara pendekatannya, soft selling bisa membuat konsumen membeli produk secara berkelanjutan dan membuat produk kita memperluas pasar.

Hard selling juga tidak mengikat hubungan konsumen dengan penjual. Alhasil, kita tidak bisa mendapatkan pelanggan tetap dari produk yang dijual.

Untuk soft selling, konsumen bisa punya cukup waktu untuk mengeksplorasi lebih jauh dari produk kita. Nantinya akan timbul kepercayaan yang berdampak baik pada penjualan ke depan.

Namun dua strategi ini tidak bisa dilakukan pada semua jenis usaha. Hard selling lebih banyak digunakan pada jenis usaha berbasis keuangan, sementara soft selling cocok untuk yang berkaitan dengan konsultan, manufaktur, hingga barang konsumsi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin