Mengenal Orienteering, Olahraga Outdoor Asal Swedia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Genks, kamu tau ga apa itu olahraga orienteering? Bagi yang belum tau, olahraga ini perpaduan antara lari dan kemampuan bernavigasi yang otomatis harus menguasai tentang peta dan kompas.

Olahraga ini menuntut peserta untuk berpindah dari satu titik ke titik lain di medan yang belum diketahui sama sekali. Tentu tuntutan bernavigasi sangat tinggi karena salah baca petunjuk kamu bisa tersesat ketika mengikuti kegiatan ini.

Awalnya olahraga orienteering ini tercetus dari Eropa, tepatnya di Swedia. Tadinya ini cuma dilakukan di kalangan militer, namun terus berkembang dan akhirnya diikuti oleh masyarakat luas. Dalam bermain orienteering, setiap peserta diuji kemampuan navigasi, kecepatan, dan konsentrasinya. Stamina dan kondisi tubuh yang prima merupakan bekal utama yang harus dimiliki oleh para peserta orienteering sebelum bertanding.

Dalam olahraga ini ada beberapa kategori yang diantaranya:

Sprint

Kategori ini biasanya terbilang cepat dengan durasi 15 – 20 menit karena digelar di perkotaan atau taman. Peta yang digunakan biasanya menggunakan skala 1:5.000 atau 1:4.000. Sebagai titik kontrol atau acuan, biasanya menggunakan bangku taman, tempat sampah, patung, dan objek-objek lain yang erat kaitannya dengan taman kota.

Score

Dalam nomor ini peserta harus mencapai titik kontrol sesuai dengan waktu yang ditentukan. Penentuan skornya pun berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan medan yang dilalui.

Relay

Relay ini melibatkan pemain yang dibagi ke dalam beberapa tim. Untuk penilaian menggunakan total waktu yang dihabiskan setiap tim. Relay merupakan bagian dari kejuaraan dunia orienteering, baik sebagai relay sprint dan juga cross-country relay.

Middle

Permainan dengan jenis middle ini memiliki jarak yang lebih pendek. Jenis middle lebih menekankan kepada kemampuan navigasi peserta dibandingkan dengan pemilihan rute.

Long

Untuk kategori long, pesertwa wajib mendatangi titik-titik kontrol yang sudah dipasang dan diurutkan. Pemenang dari nomor ini adalah pemain yang dapat menyelesaikan permainan dengan catatan waktu tercepat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin