Mengenal Perbedaan Email Biasa dan Email Marketing

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Email mungkin udah jadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Bikin akun medsos pakai email, layanan publik pakai email, ngirim tugas pakai email, dan banyak lagi yang bikin ga terpisahkan dari layanan itu.

Kamu pasti pernah terima email yang isinya promosi, iklan, atau sekadar pemberitahuan dari suatu perusahaan. Nah kemungkinan besar itu adalah email marketing. Apa bedanya dengan email pribadi yang kita punya?

Email marketing sendiri bisa dibilang adalah surat komersial yang dikirim ke pelanggan tetap atau calon pelanggan ke sejumlah orang sekaligus. Tiga tujuan utamanya adalah membangun loyalitas, kepercayaan, dan kesadaran akan suatu merek (brand awareness).

Email marketing paling efektif dipakai untuk meningkatkan hubungan antara pemilik bisnis dengan pelanggan. Kamu bisa pakai email marketing untuk memperkenalkan produk baru, program diskon, ataupun sekadar ngejaga hubungan lewat ucapan baik kepada pelanggan kamu.

Keuntungan dari email marketing ini kurang lebih ada dua yang utama. Pertama, dia jauh lebih murah dan cepat dibandingkan email biasa. Bisnis dan organisasi yang kerjaannya mengharuskan ngirim banyak banget email dalam satu waktu bisa mempelajari kebiasaan penerima email.

Buat bisnis, mempelajari perilaku konsumen itu penting banget agar kamu bisa ningkatin kinerja perusahaan terutama di aspek marketing. Hal-hal kayak gitu biasanya pakai jasa email service provider (ESP).

Nah pihak yang nawarin jasa ESP kayak gitu saat ini udah lumayan banyak. Asal kamu paham apa yang dibutuhkan, kamu tinggal pilih ESP seperti apa yang paling cocok buat bisnis kamu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin