Mengenal Posisi dan Peran Pemain Futsal

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Pasti pernah dong denger olahraga futsal. Olahraga beregu berisi 5 orang ini udah cukup populer di Indonesia. Dari anak-anak sampai dewasa, futsal ga pernah sepi peminat. Pada dasarnya futsal ini sama aja kayak sepak bola, tujuannya mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan. Cuma ada beberapa karakter dan peraturan yang bikin futsal ini berbeda dengan sepak bola.

Secara umum, futsal dimainkan selama 2×20 menit dengan waktu istirahat 10 menit. Apabila ada babak tambahan, akan ada perpanjangan waktu 2×5 menit. Kalaupun babak tambahan masih imbang, futsal juga memakai adu penalti untuk mencari pemenang. Nah buat kamu yang lagi mau mendalami futsal, mungkin bisa dimulai dari peran yang ada di sebuah tim futsal.

Kiper

Mendengar kata kiper sudah jelas berhubungan dengan menjaga gawang agar ga kebobolan. Bedanya dengan sepak bola, kiper futsal bisa lebih rajin menyerang. Jadi ga usah heran dalam permainan futsal kiper bisa mencetak skor saat menyerang.

Anchor

Arti dari kata tersebut adalah jangkar, bisa diartikan posisi ini adalah bek sekaligus gelandang. Posisi ini cukup strategis karena berposisi garis pertahanan namun juga bisa memulai dan mengatur penyerangan.

Flank

Flank punya arti sayap dan seperti namanya pemain yang di posisi ini bermain di sisi-sisi lapangan. Pemain yang berposisi flank bertugas menyerang, bertahan, dan menjadi penghubung antara belakang dan depan. Posisi ini biasanya diisi oleh pemain yang memiliki kelincahan, kecepatan, serta daya jelajah yang tinggi.

Pivot

Pivot ini merupakan posisi penyerang. Biasanya pemain ini punya keterampilan dan insting gol yang kuat sehingga bisa menjebol gawang lawan. Hal ini sama dengan sepak bola yang berposisi sebagai striker. Namun dalam suatu skema permainan, posisi ini bisa bertugas sebagai pengendali permainan layaknya anchor.

Nah sekarang udah tau kan peran dan posisi pemain futsal. Kira-kira kamu cocok di posisi mana?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin