MotoGP Mandalika dan Potensi Ekonominya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, tinggal hitungan hari lagi, Genks. Itu artinya ga lama lagi kita semua punya kesempatan menonton langsung Marc Marquez, Fabio Quartaro, Joan Mir, dll. saling adu kencang di Tanah Air. Cuma di samping itu, kamu tau ga berapa besar dampak ekonomi dari penyelenggaraan MotoGP ini?

GP Indonesia akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022. Ini pertama kali Indonesia jadi penyelenggara adu balap motor terkencang di dunia sejak 1997. Pemerintah kita lumayan ngotot ngejar status penyelenggara MotoGP karena potensi ekonomi yang bisa kita raih.

Contoh nyata datang dari negara tetangga, Thailand. GP Thailand pertama digelar pada musim 2018 dengan Marc Marquez sebagai juaranya. Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand Weerasak Kowsurat bilang acara itu menghasilkan 3 miliar baht alias sekitar Rp1,3 triliun.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyebut dampak ekonomi yang Indonesia dapat dari penyelenggaraan MotoGP bisa sama besar di Thailand. Menteri Pariwisasta Sandiaga Uno udah bilang MotoGP di Sirkuit Mandalika bisa ngehasilin minimal Rp500 miliar dan menyerap 11 ribu tenaga kerja. Lebih jauh lagi, doi nyebut bisa ada 50 ribu lapangan kerja baru menyusul berbagai event yang juga akan digelar di Mandalika.

Lombok udah lama terkenal sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia. Namun pandemi bikin situasi berubah 180 derajat. Apalagi sebelumnya mereka kena musibah bencana gempa bumi yang bikin infrastruktur pariwisata di sana rusak parah.

Nah kebetulan kondisi pandemi udah semakin jinak, distribusi vaksin pun makin rata ke tiap daerah, sehingga ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika jadi momentum yang penting banget buat masyarakat di sana. Mumpung masih ada waktu, kamu masih bisa beli tiket balapan di sana loh, Genks. Di sana kamu pun bisa sambil jalan-jalan menikmati destinasi wisata di sekitar Mandalika atau di seluruh Lombok. Well, nonton di rumah pun ga masalah. Yang penting, kita dukung terus penyelenggaraan MotoGP di Mandalika bisa sukses berat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin