Olimpiade Musim Dingin dan Sejarah Tercetusnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Ilustrasi Olimpiade Musim Dingin.

GUEMUDA.COM, Jakarta – Tau ga Genks ajang olimpiade itu sebenarnya terbagi jadi dua yaitu Olimpiade Musim Panas dan Olimpiade Musim Dingin. Olimpiade Musim Panas yang biasa kita ikuti terutama lewat cabang-cabang olahraga (cabor) kayak bulutangkis dan angkat besi. Nah Olimpiade Musim Dingin ini beda lagi. Secara waktu penyelenggaraan dan cabang olahraga yang dipertandingkan berbeda semua dengan Olimpiade Musim Panas.

Olimpiade Musim Dingin pertama digelar pada 1924 di Prancis. Ajang ini terinspirasi oleh Nordic Games yang memperlombakan cabang olahraga khas wilayah dingin kayak ski dan skating. Jadi ga ada tuh olahraga kayak renang, sepeda, ataupun balap lari.

Terinspirasi dari Orang-orang Nordik

Nah orang yang inisiasi Nordic Games, namanya Viktor Gustaf Black, ini ternyata dekat dengan pendiri Olimpiade, Pierre de Coubertin. Jadilah Viktor mengusulkan agar cabor musim dingin bisa dipertandingkan juga di Olimpiade. Tapi usulnya ditolak. Usaha serupa oleh orang lain juga gagal membawa olahraga musim dingin tembus ke Olimpiade.

Baru setelah Perang Dunia I, usul cabor musim dingin dipertandingkan di Olimpiade diterima. Figure skating dan hoki es jadi dua cabor pertama yang dilombakan di Olimpiade di Belgia pada 1920. Berkaca dari itu, Komite Olimpiade Internasional (IOC) sepakat untuk membuat turnamen khusus untuk cabor yang identik dengan es, salju, dan musim dingin. Jadilah Olimpiade Musim Dingin pertama digelar di Prancis pada 1924. Saat itu ada 258 atlet dari 16 negara yang memperebutkan medali 16 nomor pertandingan.

Fakta lainnya, Indonesia adalah salah satu negara yang sampai sekarang belum pernah ikutan di Olimpiade Musim Dingin. Well, wajar sih mengingat kita adalah negara tropis yang cuma punya salju di Gunung Puncak Jaya, Papua. Tapi menariknya udah ada beberapa negara Asia Tenggara yang notabene sama-sama tropis kaya Indonesia yang udah berpartisipasi di Olimpiade Musim Dingin.

Satu fakta lain tentang Olimpiade Musim Dingin adalah waktu penyelenggaraannya. Sejak pertama kali digelar, Olimpiade Musim Dingin selalu digelar di tahun yang sama dengan Olimpiade Musim Panas. Namun sejak 1992, ga lagi sama. Olimpiade Musim Dingin berikutnya digelar pada 1994 sehingga mengubah siklus penyelenggaraan dari yang bareng jadi selang-seling dengan Olimpiade Musim Panas.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin