Pencak Silat di Film Batman Terbaru

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Pencak silat dalam The Batman (2022)

GUEMUDA.COM, Jakarta – Genks, tau ga bahwa di film The Batman (2022) yang lagi tayang saat ini Robert Pattinson bertarung pakai gaya pencak silat. Selain di film Batman itu ternyata nama pencak silat sebagai seni bela diri udah cukup harum di dunia.

Batman adalah salah satu karakter jagoan super yang ga punya kekuatan super seperti teman-temannya di DC atau Marvel. Sebagai gantinya, dia punya kecerdasan, kekayaan, dan menguasai berbagai macam seni bela diri di dunia buat menghantam musuh-musuhnya.

Kebetulan dalam The Batman besutan Matt Reeves menggunakan pencak silat. Pattinson sendiri ngaku dia suka seni bela diri itu walaupun susah dan menyakitkan saat mempelajarinya.

“Gila banget, tapi seru sih karena semua gerakan tersebut sangat berbeda bahkan tiap gerakannya serasa bikin sakit,” jelas Pattinson dalam wawancaranya di kanal Youtube Cinema 21.

Nah tapi kamu tau ga Genks, sebelum Si Manusia Kelelawar menghajar musuhnya pakai silat, ternyata nama pencak silat udah cukup harum di mata internasional. Ga percaya? Ini beberapa faktanya.

Tersebar di lebih dari 50 negara

Sebuah asosiasi internasional yang menaungi pencak silat berdiri pada 11 Maret 1980, namanya Persilat. Anggota awalnya cuma Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Seiring waktu federasi pencak silat di negara lain terus bertambah. Mulai dari Amerika Serikat, Mesir, India, Perancis, sampai Kyrgyzstan punya federasi pencak silat masing-masing. Total ada lebih dari 50 negara di dunia yang punya federasi pencak silat yang bergabung di bawah bendera Persilat.

Sudah dipertandingkan di ajang internasional

Awal pencak silat punya kejuaraan dunia jatuh pada tahun 1982. Kejuaraan dunia saat itu cuma diikuti 7 negara. Lima tahun kemudian pencak silat berhasil tembus SEA Games 1987. Puncaknya, pencak silat mendapat lampu hijau sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018.

Berstatus Warisa Budaya Tak Benda

Ini yang ga kalah keren. Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui UNESCO menetapkan pencak silat sebagai Intangible Cultural Heritage UNESCO 2019 atau Warisan Budaya Tak Benda UNESCO 2019. Penetapan itu jatuh pada 12 Desember 2019 di Bogota, Kolombia.

Jadi jangan pernah berpikir kita ga punya seni bela diri yang keren ya. Buktinya Batman sampai UNESCO udah sama-sama mengakui pencak silat loh he-he-he.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin