Pengertian Odd Lot dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Bertransaksi jual beli saham harus berdasarkan satuan lot. Seperti diketahui, satu lot saham berarti 100 lembar saham. Artinya, setiap pembelian atau penjualan suatu saham minimal dilakukan satu lot.

Dari penjelasan tersebut, setiap pembelian atau penjualan saham dalam satuan lot akan berjumlah genap (round lot). Namun ada kalanya, investor akan menemukan jumlah saham yang tidak genap sesuai lot. Misalnya jumlah sahamnya mencapai 90 saham atau bisa saja 2.230.

Dari contoh itu, jumlah saham kita yang berjumlah 90 tidak sampai 1 lot, atau yang berjumlah 2.230 setara dengan 22,3 lot. Untuk kasus sepert ini saham yang tidak sampai 1 lot atau yang berjumlah tidak genap merupakan odd lot.

Odd lot adalah sebutan untuk satuan saham yang ganjil, atau tidak genap memenuhi jumlah saham dalam lot penuh yang ditentukan oleh bursa. Odd lot dapat terjadi karena aksi korporasi khusus yang ditujukan untuk meningkatkan kepemilikan saham oleh publik, seperti pembagian bonus saham dan rights issue.

Jika mengalami hal ini, maka saham odd lot yang kita miliki tidak bisa dijual. Hal ini kembali pada minimal transaksi yakni 1 lot atau harus mencapai round lot.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Setidaknya ada tiga cara yang bisa kita lakukan jika memiliki saham odd lot. Di antaranya:

1.   Tetap ditahan (hold)

Cara ini dilakukan dengan harapan perusahaan yang sahamnya kita miliki dengan odd lot akan menggelar kembali aksi bagi bonus saham atau rights issue. Catatan di sini, kita harus benar-benar yakin terhadap prospek perusahaan yang sahamnya kita genggam.

2.   Jual di pasar negosiasi dan pasar tunai

Cara kedua adalah dengan masuk ke pasar negosiasi dan pasar tunai. Terutama jika ingin menjual seluruh kepemilikan pada saham tersebut. Hanya saja, ada prosedur khusus yang perlu dilakukan dalam bertransaksi di pasar negosiasi dan pasar tunai. Hubungi perusahaan sekuritas tempat kita terdaftar sebagai investor.

3.   Tambah saham dengan membeli di pasar negosiasi dan pasar tunai agar menjadi round lot

Pasar negosiasi dan pasar tunai juga bisa menjadi cara untuk membuat saham odd lot kita menjadi round lot. Catatannya sama dengan proses penjualan di pasar negosiasi dan pasar tunai. Catatan lainnya, tentu saja harus ada yang menjual saham yang sama dengan yang kita miliki.

Itulah pengertian odd lot dan cara mengatasinya. Perlu diperhatikan juga, jika tidak ingin memiliki saham odd lot, maka selalu perhatikan keterbukaan informasi dari perusahaan yang sahamnya kita miliki.

Sehingga jika ada rencana pembagian bonus saham atau rights issue, kita bisa menentukan langkah investasi selanjutnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin