Penjelasan Kenapa Pencairan Reksadana Bisa Sampai 7 Hari Kerja

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Proses pencairan dana yang kita investasikan pada instrumen reksadana masih jadi pertanyaan banyak investor pemula. Sebagian mempertanyakan bagaimana setiap jenis reksadana punya masa waktu pencairan yang berbeda-beda.

Sebenarnya, proses dan waktu pencairan dana di reksadana telah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menurut aturan OJK, manajer investasi sebagai pengelola dana (fund manager) memiliki batas waktu membayar uang investor hingga 7 hari kerja atau T+7 (Sabtu, Minggu dan tanggal merah tidak dihitung) setelah investor melakukan instruksi atau order penjualan reksadananya.

Artinya, uang pencairan reksadana masuk ke rekening investor paling lambat 7 hari kerja setelah instruksi (order) penjualan.

Meski begitu, lama atau tidaknya proses pencarian dana reksadana bergantung pada jenis reksadananya. Ada yang paling cepat 1-2 hari, dengan paling lama 7 hari.

Misalnya saja reksadana pasar uang. Jenis reksadana ini menjadi yang paling cepat waktu pencairannya atau berkisar 1-2 hari (T+2).

Cepatnya proses pencairan reksadana pasar uang terkait dengan cadangan kas yang lebih banyak dibadingkan jenis reksadana lain. Apalagi, sebagian besar portofolio reksadana pasar uang adalah deposito bank.

Sementara untuk pencairan reksadana jenis saham, pendapatan tetap dan reksadana campuran membutuhkan waktu lebih lama. Hal ini berkaitan dengan waktu penyelesaian transaksi (settlement) di pasar saham yang membutuhkan waktu 2 hari (T+2).

Selain itu, lama atau tidaknya proses pencairan reksadana saham, pendapatan tetap dan campuran juga bergantung seberapa besar nilai investasi investor. Dalam hal ini, manajer investasi melakukan penjualan secara bertahap, sehingga memengaruhi waktu pencairan.

Dari sini kita juga perlu tahu bahwa proses pencairan reksadana belaku mulai batas waktu transaksi (cut off time). Jika menjual sebelum pukul 11.00 WIB, maka proses penjualan akan dihitung 1 hari berikutnya, sementara jika menjual setelah pukul 11.00 WIB proses penjualan akan dihitung 2 hari berikutnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin