Pentingnya Menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Menjadi investor saham berarti seperti memiliki perusahaan. Hanya saja kita tidak sendiri melainkan bersama para investor lainnya.

Sesuai dengan prinsipnya, memiliki perusahaan berarti memiliki hak atas perusahaan tersebut. Salah satu hak yang kita miliki adalah ‘suara’. Dalam hal ini, kita sebagai investor saham bisa menghadiri rapat umum pemegang saham (RUPS).

Apa itu RUPS? Apa maksud dan tujuannya? Apa pentingnya menghadiri RUPS?

Mengutip peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), RUPS adalah organ perusahaan terbuka yang mempunyai wewenang yang tidak diberikan kepada direksi atau dewan komisaris sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang mengenai perseroan terbatas dan/atau anggaran dasar perusahaan terbuka.

Setidaknya ada dua jenis RUPS sesuai peraturan OJK. Yakni atas RUPS tahunan dan RUPS lainnya. OJK menyebut perusahaan terbuka wajib menyelenggarakan RUPS tahunan paling lambat enam bulan setelah tahun buku berakhir. Perusahaan terbuka dapat menyelenggarakan RUPS lainnya pada setiap waktu berdasarkan kebutuhan untuk kepentingan perusahaan terbuka.

Bagi investor, menghadiri RUPS sama saja dengan mengetahui lebih dalam perusahaan yang kita beli sahamnya. Dalam RUPS, perusahaan akan membahas berbagai hal. Mulai dari kinerja keuangan, pergantian posisi manajemen/direksi/komisaris, rencana ekspansi, hingga persetujuan pembagian dividen.

Dari berbagai contoh di atas, pada intinya RUPS adalah upaya perusahaan untuk meminta persetujuan para investor atas rencana atau pun pertanggungjawaban kinerja. Para investor pun berhak menyatakan setuju atau tidak setuju atas agenda yang ada di RUPS.

Meski begitu, tidak semua investor memiliki cukup suara untuk mengambil keputusan hasil RUPS. Artinya, semakin besar kepemilikan saham kita pada perusahaan, semakin besar pula hak kita bisa mengambil keputusan.

Rapat Umum Pemegang Saham penting diadakan minimal 6 bulan sekali. Jika tidak bisa paling tidak 1 tahun sekali harus dilakukan. Hal ini penting dilakukan agar terjadi komunikasi antara investor dan pengelola. Selain itu bisa mengetahui sejauh mana perkembangan usaha yang saat dijalankan perseroan terbatas tersebut.

Melihat penjelasan tersebut, maka RUPS menjadi hal yang sangat penting bagi investor untuk menegaskan kembali keputusan investasinya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin