Perjalanan Kolonel Sanders dan Ayam Goreng dengan Bumbu Rahasianya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Ilustrasi ayam goreng

GUEMUDA.COM, Jakarta – Ga ada yang ga tau ayam goreng asal Kentucky alias KFC. Itu ga hiperbolik, loh. Soalnya KFC ini salah satu restoran siap saji paling besar di dunia. Franchise mereka bisa ditemui hampir di seluruh Indonesia bahkan dunia. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah siapa kakek-kakek yang jadi ikon KFC?

Harland David Sanders atau lebih sering dipanggil Kolonel Sanders adalah pemilik wajah ikon KFC. Dia pendiri dan orang yang membawa restoran itu dikenal sebagai ikon kuliner masa kini.

Sang kolonel lahir di Indiana, Amerika Serikat, pada 9 September 1890. Iya, beliau sesepuh itu. Dia jadi anggota militer pada usia 16 tahun. Setahun kemudian dia dipecat karena terlibat dalam perkelahian. Jadilah Sanders bekerja apa aja untuk hidup mulai dari agen asuransi, penjual ban, sampai kerja di SPBU di daerah Kentucky.

Saat kerja di Kentucky itu bakat memasaknya mulai disadari orang. Singkat cerita pada 1939, Sanders berhasil bikin ayam goreng yang super enak dengan 11 bumbu rahasia legendaris itu. butuh 9 tahun Sanders menyempurnakan resep ayam gorengnya. Saking jadi populer banget, ayam goreng Sanders waktu itu, gubernur Kentucky sampai memberi titel Kolonel sebagai bentuk penghargaan.

Terus pada 1952, Sanders nawarin resepnya di banyak banget restoran dari kota ke kota lainnya. Cuma usahanya meyakinkan pemilik restoran ga gampang. Usahanya baru terbayar di restoran ke-1.008 milik Pete Harman yang mau beli resepnya. Kolonel Sanders jual resepnya ke restoran itu dengan syarat dapat royalti 4 sen tiap satu potong ayam yang laku. Di usia 65 tahun itu Kolonel Sanders akhirnya mencicipi kesuksesan.

Sisanya tinggal sejarah deh. KFC terbentuk. Ayam goreng KFC sukses besar di AS, lalu ke negara-negara tetangga, dan ga lama jadi salah satu waralaba terbesar di dunia seperti sekarang. Forbes mencatat pada 2020 KFC udah punya franchise di lebih dari 22.600 lokasi di seluruh dunia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin