Seberapa Jauh Manusia Dapat Menyelam?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Seberapa Jauh Manusia Dapat Menyelam?

Tubuh manusia sesungguhnya sangat rapuh jika dihadapkan pada alam, terutama pada dalamnya lautan. Namun, kita juga makhluk yang cerdas hingga dapat menemukan alat berteknologi tinggi untuk menyelam hingga ke dalam laut.

Berikut ini adalah jejak-jejak manusia dalam menjelajahi lautan.

253.2 Meter

Herbert Nitsch merupakan penyelam yang tercatat dalam rekor free-diving (selam tanpa alat) yang mampu menyelam di kedalaman ini. Dia memecahkan rekor pada tahun 2012, di Santorini, Yunani.

600 Meter

JIM Diving Suite adalah pakaian khusus untuk menyelam hingga ke kedalaman 600 meter. Kedalaman ini tentu sulit dijangkau manusia. JIM dilengkapi dengan pengatur aliran dan tekanan udara.

914 Meter

Johnson Sea Link merupakan kapal selam sederhana yang digunakan untuk mengangkut dua orang ke dalam lautan. Ia dilengkapi dengan alat vakum untuk mengumpulkan spesimen. Di Bahama, kapal ini pernah menyelam sejauh 914 meter.

923 Meter

Bathysphere merupakan kapsul selam pertama tanpa mesin yang digunakan oleh William Beebe, seorang peneliti. Alat ini digunakan di Bermuda hingga tahun 1934. Di kedalaman 923 meter, Bathysphere hanya bertahan selama 5 menit.

1000 Meter

Manusia harus menyelam sejauh hingga 1000 M untuk meneliti Arus Teluk (Gulf Stream), arus hangat yang berasal dari Teluk Meksiko hingga ujung Florida, hingga menyeberangi Samudera Atlantik. Alat yang digunakan adalah kapal Ben Franklin.

4500 Meter

DSV-Alvin adalah kapsul yang mampu membawa 3 orang, terdiri dari 1 pilot dan 2 peneliti. DSV-Alvin yang bisa menyelam hingga 4500 Meter ini pernah digunakan untuk mengeksplor kapal Titanic yang tenggelam dan fenomena Black Smoker, air asam panas pada kedalaman 2500 meter di Galapagos.

6500 Meter

Kapal Shinkai dari Jepang mampu menyelam hingga kedalaman 6500 Meter untuk mengangkut 3 orang. Pada tahun 1990, kapal ini tercatat sebagai kapal berpenumpang yang mampu membawa manusia ke lautan paling dalam.

10.912 Meter

Bathysphere Trieste adalah kapsul yang digunakan untuk menyelami Palung Mariana pada tahun 1960. Alat ini diturunkan hingga ke dasar palung selama 3 jam 15 menit. Dengan Trieste, resmi sudah manusia berhasil menyelami tempat terdalam di dunia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin