Sejumlah Startup Mulai PHK, Peringatan Datangnya Krisis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Gambaran ideal tentang perusahaan teknologi khususnya startup kayaknya makin buyar beberapa hari ini. Pasalnya sudah ada sejumlah startup yang mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) sampai ratusan pegawai.

Apa yang ada di benak kamu tentang kerja di startup? Kerja sat set sat set? Gaji selangit? Fasilitas kantor yang anak muda banget? Mungkin ada benarnya walaupun enggak semua startup menawarkan itu semua. Sebab imaji keren tentang kerja di startup perlahan mulai runtuh karena ada kekhawatiran terjadi krisis di industri teknologi.

Perusahaan inkubator bisnis Y Combinator yang mengasuh banyak banget startup di seluruh dunia belum lama mengumumkan kabar penting. Intinya Y Combinator meminta agar para pemimpin startup membuat rencana untuk kondisi terburuk terkait perekonomian dunia yang tidak stabil dalam beberapa waktu ke depan. Salah satu saran yang mereka anjurkan terkait merekrut pegawai baru.

Y Combinator bukan pemain baru di skena startup. Peringatan keras macam itu tentu ada landasannya. Terbukti dari data yang dihimpun oleh Crunchbase, udah ada 26 startup dan perusahaan teknologi di Amerika Serikat yang PHK karyawannya selama Mei ini. Netflix dan PayPal adalah salah duanya.

Terus bagaimana di Indonesia? Sepertinya tren di AS itu udah samapi di sini. Hampir secara bersamaan, startup bidang edukasi Zenius dan startup fintech LinkAja mengumumkan PHK karyawannya pada Selasa, 24 Mei kemarin.

Kondisi ini diperkirakan bakal berdampak ke startup lain di Indonesia. Y Combinator mengatakan enggak ada yang bisa memprediksi seberapa parah kondisi ekonomi ke depan.

“Kalau rencanamu mengumpulkan modal dalam 6-12 bulan ke depan, kamu mungkin akan melakukannya di kondisi terburuk. Ingat bahwa kesempatan sukses sangat rendah meskipun perusahaan kamu baik-baik aja. Kami sarankan ubah rencana.” Itu adalah salah satu poin rekomendasi Y Combinator yang cukup menggambarkan akan seperti apa kondisi industri startup beberapa waktu mendatang.

Kita bisa sepakat bahwa internet adalah salah satu temuan terbaik manusia. Selain menghubungkan kita dengan dunia, internet juga sumber bisnis yang sangat gurih selama beberapa dekade terakhir.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin