Semakin Banyak Generasi Milenial dan Gen-Z Jadi Investor di Pasar Modal

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Tahu gak sih?Investasi di pasar modal semakin diminati generasi milenial.

Menurut keterangan Bursa Efek Indonesia (BEI), total jumlah investor di pasar modal Indonesia per 29 Desember 2021 mencapai 7,48 juta. Angka ini naik 92,7% dari sebelumnya 3,88 juta investor per akhir Desember 2020.

Artinya, ada 3,6 juta investor baru sepanjang tahun 2021. Angka ini terbilang fantastis mengingat banyak masyarakat terdampak pandemi sejak 2020.

Bahkan BEI mencatat, jumlah ini meningkat hampir 7 kali lipat dibandingkan tahun 2017.

Pertumbuhan jumlah investor ini ditopang oleh kalangan Milenial (kelahiran 1981-1996) dan Gen-Z (kelahiran 1997 – 2012) atau rentang usia ≤ 40 tahun. Jumlahnya setara 88% dari total investor ritel baru (per November 2021).

Tentu saja, lonjakan pertumbuhan jumlah investor ritel turut berdampak terhadap dominasi investor ritel terhadap aktivitas perdagangan harian di BEI. Kontribusinya mencapai 56,2% dari tahun sebelumnya sebesar 48,4%.

Sebagai tambahan informasi, aktivitas perdagangan di BEI turut membukukan kenaikan yang signifikan dibandingkan akhir tahun lalu. Rata – Rata Nilai Transaksi Harian (RNTH) tercatat bernilai Rp13,39 triliun atau naik lebih dari 45% dibandingkan posisi akhir tahun lalu yakni Rp9,2 triliun.

Frekuensi transaksi harian juga telah mencapai angka 1,29 juta kali transaksi atau naik 91% dibandingkan akhir tahun 2020 dan merupakan nilai tertinggi jika dibandingkan dengan Bursa di Kawasan ASEAN sepanjang tiga tahun terakhir.

Pertumbuhan signifikan juga tercermin pada rata – rata volume transaksi harian yang telah mencapai 20,6 miliar saham atau naik lebih dari 80% dibandingkan akhir tahun lalu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin