Sering Dianggap Mirip, Ini 3 Hal yang Membedakan Baseball dan Softball

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Kamu mungkin udah kenal sama olahraga yang namanya softball dan baseball. Ga jarang kedua olahraga ini sedikit membingungkan karena cara bermainnya lumayan mirip. Padahal softball dan baseball itu punya beberapa perbedaan yang cukup signifikan seperti yang dirangkum di bawah ini. Barangkali kamu lagi nyari olahraga beregu alternatif untuk dimainkan bareng teman-teman kan.

Cara Melempar

Perbedaan yang paling mencolok antara baseball dan softball adalah cara melempar. Aturan melempar bola di baseball dilakukan oleh pitcher dengan lemparan overhand. Sementara di softball, melempar bolanya dilakukan dengan lemparan bawah. Jadi cukup dari teknik melemparnya aja kamu bisa menilai apakah yang kamu lihat itu baseball atau softball.

Tongkat dan Bola

Baseball menggunakan bola berukuran 9-9¼ inci dengan berat 5-5¼ ons dan tongkat berukuran hingga 42 inci. Sedangkan di softball bola yang digunakan lebih besar ketimbang baseball. Bola di softball diameternya 12 inci dengan berat 6¼ dan 7 ons. Terakhir, tongkat pemukul softball panjangnya 34 inci, jauh lebih pendek dari pemukul baseball.

Memiliki Jumlah Babak Yang Berbeda

Seperti olahraga lain, permainan softball dan baseball juga dibagi ke beberapa babak. Untuk baseball, ada sembilan babak yang dipertandingkan dengan tambahan babak ketika dua tim yang bertanding imbang. Softball pun juga begitu, cuma babaknya cuma ada tujuh.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin