Sistem PO, Pengertian dan Cara Menjalankannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Sistem pre-order (PO) bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi keterbatasan modal dalam menjalankan bisnis atau usaha. Dengan menggunakan sistem ini, modal bisa kita dapatkan secara langsung dari konsumen yang menginginkan prioritas untuk mendapatkan barang yang kita jual.

Meski begitu, tidak semua jenis usaha bisa menggunakan sistem PO ini. Sebagian besar hanya berasal dari jenis usaha yang berkaitan dengan kuliner dan lifestyle (pakaian, sepatu, kosmetik, dan lain sebagainya).

Namun sebelum mengenal lebih jauh soal sistem PO ini, ada baiknya memahami terlebih dahulu apa sih sistem PO ini?

PO adalah sistem pembelian dimana barang tidak atau belum tersedia secara langsung dari penjual. Pembeli harus memesan dan membayar terlebih dahulu kemudian menunggu waktu sesuai estimasi tertentu untuk mendapatkan barang tersebut.

Umumnya, penjualan sistem PO disebabkan barang harus dipesan karena belum selesai diproduksi atau belum dijual pada periode tersebut.

Istilah PO ini pun sering kita temui dalam dunia bisnis online. Peminatnya pun cukup banyak karena tidak memerlukan modal banyak atau bahkan bisa tanpa modal.

Dalam hal ini, pelaku bisnis sistem PO cukup dengan mendesain produk, membuat copywriting yang menarik, dan koneksi Internet yang baik.

Meski terdengar mudah, ternyata ada beberapa hal yang perlu kita cermati jika ingin memulai bisnis dengan sistem PO. Apa saja?

Kualitas produk

Siapa sih yang ingin membeli produk jelek. Oleh karena itu, kita harus memastikan produk yang kita jual melalui sistem PO ini benar-benar berkualitas.

Batasi pemesanan

Untuk menentukan memakai sistem PO, jangan menetapkan target terlalu banyak pesanan. Batasi pemesanan sesuai dengan kemampuan kita.

Tentukan jadwal

Tentu saja hal ini menjadi hal utama. Dari sini, kita bisa memperkirakan kapan produksi dimulai dan kapan pemesanan bisa kita kirim ke pelanggan.

Jaga komunikasi

Komunikasi juga penting. Jaga terus komunikasi dengan para pemesan dan catatan apa yang dipesan serta yang akan kita kirimkan agar sesuai tanpa ada kesalahan.

Koneksi internet

Sesuai dengan karakternya, sistem PO sangat erat kaitannya dengan internet. Pastikan koneksi internet kita stabil, jangan sampai ada pesanan masuk justru setelah kita mulai melakukan pengiriman.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin