Solusi Jika Terjebak Pinjaman Pinjol Ilegal

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Berbagai kebutuhan hidup tidak akan terpenuhi tanpa adanya uang. Tentu saja, untuk mendapatkan uang harus dengan bekerja. Namun dalam posisi mendesak, masyarakat kerap mencari pinjaman baik ke orang terdekat maupun ke lembaga keuangan.

Pada kondisi seperti itu, masyarakat juga mudah tergiur dengan penawaran pinjaman online (pinjol). Jika pinjol tersebut legal, mungkin tidak masalah.

Tapi jika terjebak dengan pinjol ilegal, masalah bisa semakin rumit.

Penawaran pinjaman oleh pinjol ilegal memang kerap menggiurkan. Tanpa persyaratan bermacam-macam, beberapa pinjol ilegal sering menggunakan modus melalui pesan SMS atau WhatsApp.

Jika terjebak pinjol ilegal, maka kita perlu mencari solusi agar utang terbayar dan hidup menjadi tenang. Untuk itu, simak beberapa solusi ini dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  1. Segera lunasi utang. Jangan banyak menunda pembayaran utang, apalagi kepada pinjol ilegal. Jika sudah menunggak, bukan peminjam saja yang punya masalah. Dalam beberapa kasus, pinjol ilegal juga suka meneror orang terdekat kita.
  2. Laporkan ke Satgas Waspada Investasi dan kepolisian. Cara ini bisa dilakukan jika dalam penagihannya, pinjol ilegal menggunakan cara-cara yang melawan hukum
  3. Jika tidak sanggup membayar, ajukan keringanan seperti pengurangan bunga, atau perpanjangan waktu pembayaran.
  4. Jangan mencari pinjaman baru untuk membayar utang lama. Ini seperti gali lubang tutup  lubang. Usahakan pembayaran pinjaman dari penghasilan yang kita dapatkan.

Itulah beberapa solusi yang bisa kita lakukan jika terlanjur meminjam ke pinjol ilegal. Maka, jangan mudah tergiur dengan pinjaman mudah tanpa persyaratan apapun. Cek selalu legalitas dari pemberi pinjaman.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin