Taman Nasional di Indonesia yang Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Indonesia punya wilayah yang luas serta keberagaman wisata yang super kaya. Bahkan tempat wisata yang ada di Indonesia beberapa udah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Perlu kamu tau, untuk bisa menyandang status tersebut harus melalui beberapa seleksi dan diskusi yang tentu melibatkan negara-negara yang tergabung di UNESCO. Intinya status itu susah dapetnya, Genks.

Salah satu kategori situs warisan dunia UNESCO itu adalah karya jenius hasil kreasi manusia. Itu artinya suatu situs itu menyiratkan nilai-nilai kemanusiaan, saksi bagi tradisi budaya, peradaban yang telah hilang, serta merepresentasikan bangunan dan teknologi istimewa dalam sejarah manusia. Ga hanya itu, hasil bentukan alam yang mengandung fenomana superlatif dan keajaiban yang spektakuler sebagai hasil yang luar biasa dari proses evolusi bumi juga masuk dalam kategori situs warisan dunia UNESCO.

Di Indonesia sendiri ada beberapa tempat yang masuk terhadap kategori tersebut yang di antaranya:

Candi Borobudur & Candi Prambanan

Tempat wisata yang udah banyak dikenal masyarakat ini termasuk situs warisan dunia. Candi ini merupakan buah tangan manusia yang sangat luar biasa karena memberikan dampak terhadap budaya, termasuk religi. Dua tempat ini diresmikan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada 1991. Menurut UNESCO, Candi Borobudur dan Candi Prambanan menampilkan kemegahan budaya zaman klasik Indonesia juga sebagai kompleks keagamaan luar biasa di abad ke-10.

Taman Nasional Komodo

Taman nasional yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini termasuk sebagai salah satu warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO. Dianugerahkan dengan label tersebut karena punya bentang alam yang menakjubkan serta hewan purba Komodo yang bertahan sampai sekarang.

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terbesar se-Asia Tenggara dan ditetapkan sebagai situs warisan UNESCO sejak 1999. Tujuan Taman Nasional Lorentz dijadikan situs warisan dunia yaitu untuk melindungi ekosistem seperti flora dan fauna unik supaya terbebas dari perburuan dan penebangan ilegal, serta polusi yang bisa berdampak pada lingkungan.

Tambang Batu Bara Ombilin

Tambang Batubara Ombilin, berlokasi di Sawahlunto, Sumatera Barat. Tempat ini merupakan tempat saksi bisu atas nilai-nilai kebudayaan yang menggambarkan sejarah kemanusiaan. Tempat wisata Indonesia yang diakui UNESCO ini merupakan satu-satunya tambang batubara bawah tanah tertua di Asia Tenggara dengan arsitektur bangunan luar biasa.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin