Tantangan dan Peluang Pelaku Usaha di Era Transformasi Teknologi

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Berbagai tantangan akan selalu hadir saat kita menjalankan usaha. Namun tantangan tersebut justru bisa menjadi peluang jika pelaku usaha bisa menerapkan strategi yang tepat.

Dalam beberapa tahun ini, tantangan yang dihadapi pelaku usaha adalah disrupsi perkembangan teknologi khususnya digital. Namun hal itu juga sekaligus peluang bagi para pelaku usaha.

Harvard Business Review menjelaskan, bahwa berdasarkan kajian “The Transformation 20: The top global companies leading strategic transformations” oleh Innosight, sebuah perusahaan konsultan strategi, terdapat beberapa indikator yang menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pelaku bisnis di era transformasi digital. Apa saja hal tersebut?

  • Pertumbuhan baru

Indikator ini dilihat dari kemampuan perusahaan dalam menciptakan produk, layanan, market hingga model bisnis yang baru.

  • Reposisi inti bisnis

Tantangan selanjutnya adalah melakukan reposisi inti. Seberapa efektifkah usaha kita mengadaptasi inti bisnis tradisionalnya terhadap perubahan atau gangguan di pasar.

Melakukan reposisi inti bisnis memberikan kehidupan baru pada inovasi bisnis yang dilakukan

  • Keuangan

Tantangan yang terakhir adalah usaha kita perlu untuk membukukan kinerja keuangan yang kuat. Tidak hanya itu saja, usaha kita juga harus membalikkan bisnisnya dari kerugian atau pertumbuhan yang lambat untuk kembali ke jalurnya.

Indikator ini dapat dilihat dari pendapatan CAGR (tingkat pertumbuhan tahunan gabungan), profitabilitas selama periode transformasi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin