Tips Bagi Pelajar Sebelum Membeli Laptop

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Agak mustahil ya rasanya sekarang kalo belajar, terutama pas kuliah, ga pake laptop. Apalagi di jaman pandemi gini yang mengharuskan kita belajar online terus. Oleh karena itu, pilah-pilih laptop jadi penting banget. Salah-salah beli, bukannya kebutuhan terpenuhi malah jadi buang-buang duit aja.

Masalahnya laptop itu jenisnya buanyak banget. Aspek harga, tujuan penggunaan, dan banyak hal lain bikin beda satu laptop dengan yang lain. Nah GueMuda mau kasih kamu sedikit tips agar milih laptop jadi lebih gampang.

1. Bujet

Titik awal paling penting adalah menentukan bujet. Dari sini kamu bisa memperkecil pencarian laptop yang akan kamu beli.

2. Kebutuhan & Spesifikasi

Ini bagian yang paling penting setelah bujet. Kamu harus tau apa kebutuhan kamu beli laptop. Apakah untuk desain, tulis-menulis, atau bikin proyek-proyek kreatif? Kalo kamu udah tau apa yang kamu butuhkan, kamu bisa menyortir spesifikasi prosesor, memory, dan VGA seperti apa yang diinginkan. Kan ga mungkin kebutuhan laptop anak arsitek sama dengan anak sastra.

3. Sistem Operasi

Jelas tiap sistem operasi yang punya plus minusnya. Dan sistem operasi ini agak ke selera. Ada yang lebih suka pakai Windows, ada yang cocok dengan Mac OS, ada juga yang ke Linux. Apa pun sistem operasi yang dipilih, sebisa mungkin yang asli dan sudah ter-install biar ga repot kena virus dan masang sendiri.

4. Desain Laptop

Ini kerap terabaikan padahal juga penting. Desain laptop akan menentukan apakah kamu bisa nyaman menggunakannya. Misal ukuran layar laptop yang dibeli justru tidak muat dengan tas yang kamu sehari-hari. Atau misalnya keypad laptop ga dilengkapi backlit padahal kamu tipe yang cocok belajar di ruangan gelap.

5. Garansi

Terakhir, tapi tak kalah pentingnya adalah garansi. Umumnya garansi laptop sekitar 1-2 tahun. Perhatikan betul-betul garansi karena ini akan ngebantu kamu berhemat uang ketika nanti laptop kamu bermasalah di kemudian hari.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin