Tips Buat Kamu yang Ingin Jajal Olahraga Berkuda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GEUMUDA.COM, Jakarta – Jika kamu ingin berolahraga sambil refreshing, mungkin berkuda bisa jadi alternatif yang asik. Berkuda punya sensasi tersendiri karena kamu wajib bekerja sama dengan kuda. Teknik berkuda pun ada tahapannya sendiri karena untuk bisa mengendalikan kuda kamu harus berani tapi tetap sabar. Ga boleh kasar sama kuda yang kamu tunggangi, ya!

Nah sebelum coba mulai berkuda, GueMuda ada tips yang mesti kamu ketahui sebelum menjajal olahraga ini.

Banyak Bersabar

Mempelajari olahraga berkuda bukanlah sesuatu yang instan dan untuk itulah maka setiap orang yang tertarik belajar berkuda sebaiknya punya kesabaran tinggi. Belajar menunggang kuda terkadang dapat cukup lambat sehingga kita bakal merasa bosan. Pada saat rasanya tidak ada kemajuan dalam berlatih, inilah fase di mana rasa bosan itu menghantui.

Menaiki Kuda

Belajarlah dari mulai paling sederhana yaitu menaiki kuda. Menaiki kuda ga segampang yang dipikirkan. Saat naik usahakan pakai pijakan kaki kamu yang paling kuat agar bisa mendorong naik ke atas pelana secara sempurna. Setelah di atas pelana diamlah sejenak sampai kamu udah di posisi yang benar-benar nyaman.

Berjalan Biasa

Step selanjutnya adalah belajar berjalan biasa. Pertama jaga posisi kamu stabil di atas pelana. Selanjutnya sedikit hentakkan kedua kaki ke perut kuda. Hentakkan itu bikin kuda otomatis jalan maju. Sambil bergerak, kamu sesuaikan lagi posisi di atas pelana biar tetap stabil dan nyaman. Yang penting, jangan terburu-buru karena agar kuda tetap tenang dan terkendali.

Lari Biasa

Setelah stabil serta mampu berjalan dengan cantik, maka teknik menunggang kuda selanjutnya yang dapat dipelajari dan dilatih adalah lari biasa. Untuk hal ini, pastikan kedua kaki dirapatkan ke tubuh kuda dan kuda pun pasti akan mulai berlari seperlunya. Posisi pegangan tali dan duduk kamu juga perlu diperhatikan karena akan kamu bakal bergerak naik-turun.

Lari Cepat

Pada saat jalan biasa sudah dikuasai dan lari biasa juga bukan lagi masalah bagi kamu, siap-siap untuk coba lari cepat. Dalam melatih gerakan ini, kedua kaki perlu dirapatkan secara ketat pada tubuh kuda dan pastikan pula bahwa kedua paha pun merapat ketat tepat di bawah pelana. Hal ini adalah cara agar pantat joki bisa terangkat melayang ketika kuda berlari cepat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Trending
Event
Contact Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin