Tips Buat Kamu yang Merugi Akibat Trading

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Dua hari ini menjadi kabar buruk bagi sebagian trader dan investor di pasar kripto, khususnya para pemegang aset kripto Terra atau koin LUNA. Bagaimana enggak buruk, nilai koin LUNA ini sempat menyentuh 119,18 dolar AS (Rp1,7 juta) per koin, tertinggi sepanjang masa, pada 5 April kemarin dan saat ini nilainya ga sampai Rp1. Dengan kata lain nilai koin tersebut turun lebih dari 99%.

Buat pemilik token LUNA, mungkin sesuatu yang gila banget. Kurang dari seminggu aset per token yang tadinya bernilai Rp1 juta sekarang jadi ga ada harganya sama sekali. Pasti banyak yang sangat terpukul atas kejadian ini. Efeknya pun enggak cuma ke kerugian finansial, tapi juga ke mental.

Hal-hal seperti ini enggak cuma pernah terjadi di pasar aset kripto, tapi juga di instrumen investasi lainnya. Makanya korban dari trading yang ancur-ancuran kayak gini biasanya mengalami depresi hingga yang paling parah bunuh diri.

Agar enggak berdampak sejauh itu, pastikan kamu punya mental yang kuat saat berhadapan dengan kerugian. Sebab yang namanya usaha pasti ada menang dan kalahnya, bukan? Nah GueMuda punya sejumlah tips yang kami kutip dari seorang psikolog trading Gary Dayton agar kamu lebih siap menghadapi kemungkinan merugi saat trading di masa depan.

Menerima tanggung jawab

Pertama dan yang terpenting adalah menerima kenyataan bahwa kamulah yang menyebabkan kerugian. Jangan kesampingkan, bersembunyi, atau menyangkal peranmu dalam kerugian itu.

Berhenti sejenak

Ambil waktu untuk istirahat untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, kesalahan apa yang kamu buat. Misalnya apakah kamu mengambil risiko yang terlalu besar? Apakah trading tersebut terencana dengan baik? Atau apakah kamu terlalu optimis nilai saham kamu akan segera pulih sehingga terlalu lama bertahan di posisi rugi?

Buat sebuah rencana yang lebih baik

Mulai persiapkan rencana untuk kembali trading. Harus ada hal yang berbeda dalam rencana kali ini agar tidak mengulangi kesalahan yang bikin kamu merugi sebelumnya. Sebisa mungkin temukan faktor-faktor yang mungkin bisa membalikkan keadaan. Kebanyakan transaksi yang bikin kita rugi sebenarnya sumbernya bisa dideteksi. Oleh sebab itu jangan berhenti belajar dan belajar.

Buka perspektif baru

Mengalami kerugian saat trading atau investasi, apalagi yang nilainya besar banget, pasti pukulan berat buat siapa pun. Tapi jangan patah semangat, Genks. Hidup kamu lebih dari sekadar urusan uang. Kalau kamu berniat yang aneh-aneh, jangan lupa kamu masih punya peran untuk orang-orang terpenting di sekitar kamu.

Jadikan motivasi

Kecewa boleh, tapi tidak boleh berlarut-larut. Bahkan kalau bisa, jadikan kerugian kemarin jadi motivasi untuk belajar dan mengembangkan kemampuan kamu saat trading. Atlet profesional terbaik adalah atlet yang sangat antusias saat menemukan kelemahannya sebab dia jadi tau dia masih bisa berkembang di masa depan.

Kembali berkiprah

Ketika semua sudah lebih tenang, kamu merasa baikan kembali, silakan berkiprah lagi. Setelah melewati kepahitan dan proses pemulihan itu kamu pasti udah memiliki mental dan persiapan yang lebih baik dari sebelumnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin