Trader atau Investor? Tentukan Pilihan Sebelum Masuk Dunia Saham

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Bagi masyarakat yang ingin berinvestasi pada instrumen saham, ada baiknya mengenal istilah trader dan investor. Dua istilah ini cukup penting untuk menentukan kebijakan investasi yang akan diambil, karena cara berinvestasi trader dan investor memiliki banyak perbedaan.

Salah satunya mengenai jangka waktu berinvestasi. Bagi trader, penentuan jangka waktu investasi menjadi nomor sekian karena lebih mengutamakan momen. Dalam hal ini, seseorang yang memilih untuk menjadi trader cenderung agresif dalam mengambil keputusan investasinya. Secara sederhana, trader akan memanfaatkan peluang sekecil apapun untuk mengambil posisi beli atau jual terhadap suatu saham setiap hari perdagangan.

Berbeda dengan trader, investor lebih mempertimbangkan jangka waktu berinvestasi. Hal ini terkait dengan target keuntungan yang ingin didapatkan. Sehingga, seseorang dengan karakter investor cenderung bersifat konservatif dalam selektif dalam memilih suatu saham. Melalui strategi ini, kerap kali investor menggenggam suatu saham hingga kurun waktu lebih dari 1 tahun.

Perbedaan lain antara trader dan investor adalah target keuntungan. Bagi trader, target keuntungan yang ingin didapatkan dari suatu saham cukup beragam. Satu waktu bisa saja trader merasa sudah untung jika saham yang dia miliki naik 2 persen dalam sehari dan mengalihkan keuntungan itu ke saham lain yang berpotensi naik pada saat itu.

Sementara bagi investor, target keuntungan ditentukan lebih detail dengan melihat fundamental perusahaan dan historikal pergerakkan saham yang dipilih. Cara ini dilakukan investor agar tidak hanya mendapat gain dari kenaikan harga saham, tapi juga dividen dari perusahaan setiap tahunnya.

Dari beberapa perbedaan itu, masyarakat yang baru akan memulai investasi saham bisa mempertimbangkan pilihan karakter masing-masing. Tentu saja dua pilihan itu punya risikonya masing-masing. Yang jelas, pilihan ini harus ditentukan agar bisa menentukan kebijakan investasi agar bisa memaksimalkan keuntungan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin