Tren Investasi Reksadana Membaik, Dana Kelolaan Tumbuh 1,12%

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

GUEMUDA.COM, Jakarta – Dana kelolaan (asset under management/AUM) reksadana terus bertumbuh, lho. Nilainya mencapai Rp579,96 triliun per akhir 2021.

Jumlah sebesar itu tumbuh 1,12% dari AUM pada akhir 2020 yang masih bernilai Rp573,54 triliun. Apakah ini pertanda baik bagi tren investasi reksadana ke depan?

Jawabannya, harap bersabar. Ini adalah ujian.

Sekadar mengingatkan, guemuda.com pernah membahas soal AUM di sini.

Memang, ada yang menilai semakin besar AUM reksadana berarti semakin besar kepercayaan investor pada instrumen investasi racikan manajer investasi ini.

Penilaian tersebut tidak sepenuhnya benar, tapi tidak juga salah. Pada intinya, nilai AUM yang membesar belum tentu karena bertambahnya nilai investasi dari investor.

Pada beberapa kasus, pertumbuhan jumlah AUM juga bisa terjadi karena naiknya keuntungan yang didapatkan investor dari isi dari reksadana. Bisa dari saham, pasar uang, obligasi, dan lainnya.

Terlepas dari itu, nih kami sajikan jenis reksadana mana saja sih yang mencatat kenaikan nilai AUM.

Di posisi pertama adalah reksadana pasar uang. Per akhir 2021, nilai AUM reksadana pasar uang mencapai Rp111,33 triliun atau naik 17,75% dari AUM periode akhir 2020 Rp94,55 triliun.

Selain itu ada rekksadana pendapatan tetap dengan nilai AUM Rp157,31 triliun. Angka ini naik 13,05% dari Rp139,15 triliun yang merupakan AUM reksadana pendapatan tetap pada 2020.

Reksadana saham juga mencatat kenaikan. Hanya saja cukup tipis yakni 5,32% dari Rp127,79 triliun menjadi Rp134,59 triliun.

Di luar tiga jenis utama reksadana itu, ada reksadana global dan reksadana berbasis sukuk. Reksadana global yang biasanya merupakan turunan dari reksadana saham mencatat kenaikan AUM 53,65% dari Rp12,65 triliun menjadi Rp19,44 triliun.

Sementara reksadana berbasis sukuk yang merupakan turunan dari reksadana pendapatan tetap ini punya AUM tumbuh 41,29% dari Rp1,75 triliun menjadi Rp2,47 triliun.

Nah, itulah daftar jenis reksadana yang punya AUM bertumbuh. Sekali lagi diingatkan, jumlah AUM yang besar tidak serta merta menunjukkan kinerja reksadana yang akan kita pilih.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

RELATED

EDITOR'S PICK

Home
Categories
Event
About Us
Join Us

What would
you read?

Popular Post

Terima kasih telah mendaftar!

share with the world

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin